Zaman Sekarang, Wanita Muda Lebih Prioritaskan Karier ketimbang Menikah

http://female.kompas.com

KOMPAS.com – Sudah bukan rahasia lagi bahwa emansipasi wanita telah membawa ranah bursa kerja menjadi lebih berwarna dan kompetitif. Sebab, menurut hasil survei yang dihelat oleh Pew Research Centre memaparkan data yang mengatakan bahwa sekarang wanita berusia muda lebih memprioritaskan karier dibandingkan tuntutan menikah.

Tanpa merilis jumlah responden yang turut terlibat dalam survei, Pew Research Centre merilis hasil yang menyatakan bahwa sebanyak 66 persen wanita berusia muda (18 hingga 34 tahun) memilih untuk menunda pernikahan demi memperoleh karier berpenghasilan tinggi. Sementara itu, hanya 59 persen responden pria yang mengungkapkan keinginan serupa.

Presentase tersebut mengalami peningkatan dibandingkan survei yang pernah dilakukan pada tahun 2010 dan 2011 silam. Kala itu, hanya 56 persen wanita muda yang memilih karier ketimbang berumahtangga, dan 58 persen pria muda tercatat menginginkan hal yang sama.

Namun, saat ditanya mengenai seberapa besar keinginan para responden untuk menikah, sebanyak 37 persen wanita muda mengatakan hal tersebut merupakan agenda penting dalam kehidupan mereka, sedangkan pria yang berhasrat berkeluarga hanya sebanyak 29 persen.

Terakhir, menurut hasil survei, para wanita muda zaman sekarang lebih mengkhawatirkan apakah mereka bisa menjadi orangtua yang baik. Sebab, 59 persen responden wanita mengaku ingin menjadi orangtua yang dihormati anak, sedangkan responden pria yang menganggap hal ini penting hanya 47 persen responden.