http://mediabisnisonline.com

Setiap orang pasti memliki mental dan bahkan kecerdasan yang berbeda. Apapun yang ia lakukan steiap harinya tentu akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan membentuk karakter pada diri manusia. Sebagai seorang pebisnis yang memiliki mimpi untuk bisa sukses, tentu juga harus diimbangi dengan mental yang kuat. Bagaimana bisa bertahan jika mental untuk menghadapi kerugian finansial saja kita sudah bingung dan tidak tahu harus bagaimana.

Setiap orang yang bekerja pada sebuah perusahaan ataupun mereka yang membuka usaha sendiri, harus memiliki mental yang kuat. Sebab jika tidak tentu kita tidak akan mampu bertahan dalam persaingan yang akan semakin kuat.

Kedengarannya sepele dan mudah saat kita berfikir tentang mengasah dan mulai membiasakan diri untuk membentuk mental yang kuat. Tapi nyatanya tidak. Karena orang sekelas Bill Gates, Steve Jobs bahkan Bob Sadino pun harus bertahun-tahun membangun bisnis mereka dan melatih mental mereka agar bisa setangguh sata ini.

Nah, jika kamu adalah orang yang sudah merasa memiliki mental yang tangguh dan tidak mudah menyerah saat mendapatkan masalah besar sekalipun, coba cek dengan menyimak 10 kebiasaan berikut ini. :)

1. Mereka yang tangguh adalah yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi

Sering kita mengabaikan hal ini dalam meningkatkan kualitas diri. Ya, kecerdasan emosional adalah bagian terpenting dari usaha kita dalam membangun mental yang tangguh. Kita tidak akan sulit membangun mental yang tangguh saat kita mau memahami dan mentoleransi emosi negatif yang kita miliki, dan mengubahnya menjadi sesuatu yang produktif untuk diri kita. Beberapa pebisnis sukses adalah mereka yang memiliki kecerdasan emosional(EQ) yang tinggi.

Terlepas dari tingginya kecerdasan intelektual mereka, EQ adalah sebuah kecerdasan yang sangat fleksibel dan dapat membantu kita meningkatkan pemahaman dan usaha kita. Sekalipun sulit bagi kita untuk memiliki EQ yang tinggi, tapi ini bukan hal yang sulit saat kita mau untuk belajar, memahami dan melatihnya.

2. Orang bermental tangguh adalah mereka yang nyaman pada kondisinya saat itu

Pernahkah kamu merasa nyaman bekerja saat kamu tidak pernah yakin dengan kemampuan di dalam diri kamu sendiri? Saya yakin tidak.
Orang bermental tangguh adalah mereka yang yakin atas kemampuan diri mereka. Sebuah study di Melbourne University menunjukkan bahwa orang yang percaya diri mampu melanjutkan pekerjaan mereka, dan mampu dipromosikan lebih cepat daripada yang lainnya.
Selain membuat kita bisa bekerja dengan baik, rasa percaya diri juga membuat kita bisa menginspirasi ornag lain, bahkan membantu mereka untuk membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

3. Mereka percaya dengan perubahan

Dengan rasa percaya diri yang dimiliki oleh orang bermental tangguh, mereka tidak pernah takut dengan adanya perubahan di dalam dirinya. Mereka adalah orang yang fleksibel dan mau untuk terus beradaptasi. Mereka menyadari bahwa rasa takut terhadap perubahan akan melumpuhkan dan merupakan ancaman utama mereka untuk sukses dan bahagia.

Saat kita mau untuk mencoba hal baru, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengenali bahkan menemukan peluang baru di sekitar kita. Dan saat kita gagal, kita tidak akan pergi dengan mudah. Justru kita akan terus mencari sebab dan mulai mencari solusinya.

4. Mereka memiliki tujuan yang jelas

Setiap mereka yang bermental tangguh adalah mereka yang memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas. Mereka adalah orang yang bahkan mau untuk mengatakan “tidak” pada hal yang membuat mereka tidak nyaman dalam bekerja. Sebuah penelitian di University of California di San Francisco menunjukkan bahwa semakin sulit kita mengatakan “tidak”, maka semakin besar pula kita untuk mengalami stres, kelelahan dan bahkan depresi.

Ketika saatnya untuk berkata “tidak”, mereka dengan yakin berkata tidak. Mereka memiliki komitmen yang jelas. Orang bermental tangguh juga tahu bagaimana mereka harus mengendalikan diri dengan mengatakan tidak untuk diri mereka sendiri. Mereka akan menunda kepuasan dan menghindari tindakan impulsif yang dapat menyebabkan kerugian.

5. Bermental tangguh membuat mereka tidak takut mengambi resiko

Saat kita berusaha menjadi orang dengan mental yang tangguh, maka kita juga harus siap menerima setiap resiko dari apa yang kita katakan ataupun lakukan. Mereka tidak akan takut menerima kegagalan dari apa yang mereka usahakan.

Seperti pepatah, hal terburuk dapat terjadi saat kita membiarkan diri kita mati, sementara kita masih hidup. Mengingat kesalahan terlalu lama akan membuat kita cemas dan mudah untuk mengulanginya. Kunci utama untuk menyeimbangkan terletak pada kemampuan kita untuk mengubah kegagalan menjadi sebuah kebaikan.

6. Mereka tidak takut kegagalan

Cenderung orang takut menerima atau bahkan mengambil sebuah kegagalan dari apa yang ia kerjakan. Mereka akan berusaha keras untuk melakukan apapun sesuai dengan peraturan dan meminimalisir kesalaha. Tapi mana mungkin kita tidak mengalami kegagalan saat melakukannya. Bahkan orang sukses sekalipun akan mengalami berjuta-juta kegagalan di dalam hidupnya.

Orang bermental tangguh justru akan mengambil bahkan merangkul sebuah kegagalan. Bagi mereka gagal adalah bahan sekaligus sumber kekuatan untuk kesuksesan selanjutnya. Kita memang akan sedikit frustasi karena dipaksa untuk berpikir secara berbeda, berpikir di luar apa yang sudah sering kita lakukan dan bahkan mencari solusi yang berbeda dari biasanya.

7. Sekalipun menjemput gagal, mereka juga tetap belajar dari kesalahan

Mental orang tangguh tahu bahwa jika kita memfokuskan perhatian pada kesalahan dan kegagalan dimasa lalu, kita justru akan terpuruk. Karena kita sendirilah yang menentukan keadaan emosi diri kita sendiri, kita jugalah yang akan membuat emosi itu menjadi positif atau malah negatif. Sedangkan kita sendiri tahu bahwa emosi negatif akan mempengaruhi kinerja kita.

Kita memang akan mengalami kegagalan, tapi yang terpenting adalah kita fokus pada tindakan untuk memperbaiki diri. Dari usaha tersebut kita lebih mudah untuk menciptakan emosi positif dan keberhasilan di dalam diri kita sendiri. Tentu saja ini akan meningkatkan kinerja kita.

8. Mereka tidak membiarkan siapapn membatasi kemampuan mereka

Saat kita membandingkan kesuksesan dan kebahagiaan diri dengan orang lain, di situ kita justru akan membatasi diri untuk berkembang. Kita tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain, karena kita dan mereka memiliki perbedaan yang sangat mendasar yang bahkan tidak bisa dibandingkan.

Mereka yang bermental tangguh akan merasa baik dengan apapun yang mereka lakukan. Mereka mendengarkan pendapat orang tapi tidak saat mereka mencela dan meremehkan. Justru itu akan membuat mereka semakin bersemangat bekerja. Mereka juga tidak membatasi setiap apapun yang dikerjakan orang lain, jelas selagi apa yang dikejakan adalah hal yang baik. Mereka sadar bahwa setiap apapun yang dikerjakan dan itu hal yang baik maka akan memberikan hal yang baik juga.

9. Mereka menjaga kesehatan fisik

Di balik kesehatan dan kekuatan mental manusia terdapat kekuatan fisik. Sebuah studi yang dilakukan di Eastern Ontario Research Institute menemukan bahkan orang yang berolahraga 2 kali smeinggu selama 10 minggu akan memiliki kualitas intelektual, sosial dan fisik yang kompeten. Mereka juga mampu menghargai diri mereka dengan baik dan lebih percaya diri.

Selain rajin berolahara, mereka juga terus menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi dan juga waktu tidur yang cukup. Dengan begitu otak kita akan bekerja dengan sangat baik.

10. Orang bermental tangguh tidak akan menunggu orang lain meminta maaf terlebih dulu

Tidak mudah memang memaafkan orang yang berbuat salah terhadap kita. Tapi bagi mereka yang bermental tangguh justru tahu bahwa hidup terus berjalan, apalagi setelah kita melepaskan dendam dan memaafkan seseorang sebelum dimintai maaf sebelumnya. Dendam membuat kita memiliki emosi negatif. Yang pastinya akan membuat kita sulit untuk melangkah maju dan justru selalu melihat masa lalu. Saat kita memaafkan seseorang, itu mungkin tidak akan membenarkan tindakan mereka. Hanya membebaskan kita dari menjadi korban kejahatan mereka.

Begitulah setidaknya kebiasaan yang membedakan mana orang yang bermental tangguh dengan mereka yang sulit untuk berkembang. Sebagai pebisnis kita tentu harus bahkan wajib memiliki kebiasaan seperti diatas. Bagaimana tidak jika kita ingin berkembang tapi kita tidak bisa melangkah jauh ke depan? :) Selamat mencoba :)