Best profit Futures

Setelah bertahun-tahun mati suri, akhirnya bisnis Volvo Cars kembali bergeliat. Lewat pengumuman penunjukkan mitra bisnis baru di Indonesia, yakni Grup Garansindo, merek asal Swedia ini siap terlahir kembali lewat model terbarunya, XC90 dan S90. Best profit Futures

Sport utility vehicle (SUV) menengah Volvo ini boleh dibilang menjanjikan. Menyasar segmen kalangan premium di Indonesia, serta segmen pasar yang tengah bergeliat, membuat kesempatan XC90 jadi terbuka luas. Belum lagi, sejarah panjang merek Volvo yang sudah tertanam di benak konsumen di Indonesia sejak era akhir 1980-an.

Satya Saptaputra, Chief Operating Officer Grup Garansindo, mengatakan, komitmen yang ditunjukkan Volvo Cars di Indonesia akan berujung pada peluncuran lebih dari satu model baru. Secara bertahap, model-model unggulan akan diluncurkan sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan.

Volvo juga mau terlahir kembali di Indonesia, sesuai dengan strategi terbarunya pasca akuisisi grup Geely Holding dari Ford Motor Company, sejak 2010.

“Indonesia market super penting, enggak bisa dipandang sebelah mata. XC90 produk unggulan Volvo. New Volvo image diawali dengan offensive XC90,” kata Satya Saptaputra, Direksi Grup Garansindo kepada KompasOtomotif, Rabu (1/2/2017).

Generasi kedua Volvo XC90 pertama kali dijumpai KompasOtomotif di pameran Los Angeles Auto Show 2016, November lalu. Ada dua varian pilihan yang ditawarkan kala itu, masing-masing dibekali mesin 2.0 liter, 4-silinder, turbo, supercharged, berpadu dengan transmisi 8-pecepatan. Varian pertama, T6, menawarkan tenaga 316 tk. Sedangkan varian kedua, T8, dibekali piranti tambahan, hibrida plug-in, membuat tambahan tenaga jadi bertambah, jadi 400 tk. Best profit Futures

Agung Kurniawan/KompasOtomotifGenerasi terbaru S90 sudah menggunakna platform global terbaru Volvo Cars.

Di AS, Volvo XC90 dibanderol mulai 48.900 dollar AS atau Rp 655,05 juta. Belum ada informasi berapa kalau dipasarkan ke Indonesia.

Sedangkan, model kedua adalah generasi terbaru S90. Sedan menengah ini merupakan bagian dari desain platform global terbaru Volvo Cars, yang juga digunakan pada XC90. Artinya, spesifikasi mesin yang ditawarkan, sama.

Perpindahan Bisnis

Isu perpindahan bisnis Volvo dari Grup Indomobil ke Grup Garansindo, sebenarnya sudah terdeteksi KompasOtomotif sejak awal 2016. Proses persiapan diler resmi terbaru Volvo yang disebut-sebut akan sesuai standar Volvo Cars Retail Experience (VRE) juga sudah disiapkan sejak pertengahan tahun lalu. Lokasinya berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sebelumnya diler Chrysler, yang notabene juga merupakan mitra bisnis Grup Garansindo.

Lalu, kapan Garansindo mulai melepas model baru Volvo di Indonesia?

“After-Sales segera, untuk peluncuran produk mudah-mudahan enggak lebih dari kuartal kedua tahun ini. Sekarang kan sudah Februari,” kata Satya yang juga calon pemegang tanggung jawab pemasaran Volvo di Indonesia.

( mfs – Best profit Futures )