Bestprofit Futures Jakarta

Jakarta – Smesco RumahKU (Rumahnya Koperasi dan UKM) bekerja sama dengan Mark Plus dan Museum Puri Lukisan menampilkan pameran aneka kerajinan bernilai seni dalam event bertajuk ‘Ubud Royal Weekend’ di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali Bestprofit Futures Jakarta.

Dari ajang ini, masyarakat tidak saja melihat secara langsung produk-produk unggulan mitra binaan Smesco, tetapi juga sekaligus belajar sejarah lukisan tradisional dan modern di museum tertua di Bali itu. Menikmati akhir pekan dengan pemandangan yang menakjubkan sekaligus ikut memajukan produk-produk lokal agar lebih mendunia.

Dalam event tersebut Smesco menampilkan produk-produk unggulan yang sudah diminati oleh customer mancanegara, seperti produk homeware dari Bali Bagus, Kipas Bali yang dilukis, Silver dari maestro Suarti, dan batu carving dari Dewo Widi.

“Ini cara Smesco mempromosikan dan memasarkan produk UKM. Kita berkolaborasi dengan Mark Plus dan Museum Puri Lukisan. Sebagaimana kita ketahui Bali tidak hanya terkenal dengan keindahannya, tetapi juga karya-karya seninya,” kata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Ahmad Zabadi. Smesco RumahKU berada dalam kelola LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM.

Zabadi menambahkan, selain menampilkan produk-produk unggulan karya seni tinggi, ada juga demo cara pembuatan produk seperti demo lukis, demo mengukir tulang dan kerang serta rajutan dari Tampak Siring, sehingga masyarakat bisa melihat langsung bagaimana karya seni itu tercipta. Brand Rumah Puteri juga menampilkan patchwork yang dicreate dalam boneka-boneka, tas dan placemate.

Partisipasi Smesco Indonesia di Ubud Royal Weekend juga ditandai dengan dibukanya stand khusus untuk para UKM Bali yang menjadi mitra LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM. Tentunya, melalui proses kurasi yang dilakukan antara lain oleh Samuel Wattimena. Dari 85 UKM yang ikut dalam proses seleksi, telah dipilih 18 UKM yang produknya dinilai kurator memenuhi kriteria produknya untuk didisplai di Galeri Indonesia Wow dan didorong masuk dalam pasar global.

Acara yang memadukan kerajinan anak bangsa dengan art dan culture ini juga diisi dengan talk show yang antara lain menampilkan Andy F Noya dengan program Big Bang! Show, yang dipersembahkan oleh Galeri Indonesia WOW!

Acara ini juga dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, pengusaha kosmetika yang selalu menekankan unsur budaya lokal dalam produknya Dr. Martha tilaar, dan pengusaha Jusuf Wanandi. Ada juga ‘Ubud To The Universe’ spesial program yang dibawakan Anindya K Putri, yang berhasil menjadi 15 Top Miss Universe 2015.

Dirut LLP-KUKM Ahmad Zabadi berharap dengan kegiatan tersebut, masyarakat semakin mengenal Smesco RumahKU. Masyarakat Bali, khususnya, jadi tak hanya mengenal Smesco sebagai lembaga yang memberikan bantuan pelayanan pemasaran produk-produk UKM, tetapi juga sebagai lembaga yang menciptakan entrepreuner-enterpreuneur muda yang kaya dengan segala kreativitasnya.

“Kami memang bertekad menjadikan Smesco ini sebagai kawah candradimuka para enterpreuner muda atau para start up. Terlebih di Smesco juga disiapkan segala fasilitas yang dapat menunjang hal itu. Belum lagi adanya kegiatan-kegiatan yang menghadirkan enterpreuner yang sukses untuk berbagi ilmu dengan para pengusaha pemula,” tambah Ahmad Zabadi.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)