http://ibu-zahraa.blogspot.com

Ketika menjalankan bisnis, Anda pasti akan dihadapkan pada banyak tantangan, diantaranya munculnya pesaing dengan bisnis yang serupa. Munculnya pesaing seringkali membuat pelaku bisnis merasa cemas dan panik, apalagi jika strategi pesaing jauh lebih bagus dan matang. Persaingan dalam bisnis adalah hal yang wajar, karena semua orang memiliki hak yang sama untuk bisa meraup sukses. Asalkan persaingan dilakukan secara sehat, ayo saja, kenapa harus takut!
Salah satu strategi yang sering dilakukan pebisnis untuk menarik minat pelanggan adalah dengan memberikan potongan harga. Okeylah, cara tersebut mungkin berhasil meningkatkan angka penjualan, akan tetapi bagaimana dengan keuntungan yang Anda dapatkan? Keuntungan yang Anda peroleh jelas berkurang. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus, maka bersiaplah menghadapi kebangkrutan.
Lantas, apakah kita harus mengalah atau menyerah kalah sebelum berperang? Tidak, Pebisnis tangguh pantang mengibarkan bendera putih pada pesaingnya. Agar sukses memenangkan persaingan dalam bisnis, simak Rahasia memenangkan persaingan dalam bisnis berikut ini :

Tiru dan modifikasi

Jika pesaing Anda bisa mencuri hati konsumen, maka Anda juga harus bisa melakukannya. Bagaimana caranya? Perhatikan strategi apa yang dilakukan pesaing Anda, tirukan dan modifikasi. Kenapa harus dimodifikasi? Jelas dong, untuk memenangkan persaingan, Anda harus menjadi yang lebih dalam hal apapun dibandingkan pesaing.

Hindari menjelekkan pesaing

Kehadiran pesaing memang seringkali menimbulkan rasa jengkel atau sakit hati. Meski demikian, hindari menjelekkan produk pesaing dihadapan konsumen,
karena hal itu justru memperlihatkan keburukan Anda sendiri. Bersainglah secara sehat dan jangan gunakan cara-cara yang “kekanak-kanakan” demi memajukan bisnis Anda.

Tingkatkan kualitas produk dan pelayanan

Salah satu kunci utama agar bisnis Anda awet dan sukses memikat hati konsumen adalah keberadaan produk yang berkualitas. Adanya pesaing tidak perlu membuat Anda minder, sebaliknya Anda harus lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan nilai plus untuk produk yang Anda pasarkan. Selain itu, berikan pelayanan yang bagus pada konsumen agar mereka berkesan dan rela menjadi pelanggan setia Anda.

Evaluasi dan lakukan tindakan nyata

Ketika pesaing berhasil merebut hati pelanggan Anda, Anda tidak perlu down. Buka mata Anda, lakukan evaluasi terhadap kekurangan dan segera lakukan tindakan nyata demi menjaga kelangsungan bisnis yang Anda jalankan.

Perluasan pasar

Salah satu cara untuk menghadapi persaingan bisnis adalah dengan memperluas pasar produk yang artinya memperluas fokus dan target market yang akan disasar. Contohnya : jika sebelumnya produk Anda hanya bisa dinikmati konsumen remaja dan dewasa, maka  tidak ada salahnya jika Anda berinovasi agar produk Anda bisa dinikmati oleh anak-anak. Selain itu, agar bisnis Anda lebih dikenal dan mampu menguasai pasar, Anda bisa membuka cabang-cabang usaha baru di tempat lain.

Strategi promosi yang tepat

Salah satu kunci sukses untuk memenangkan persaingan bisnis adalah strategi promosi yang bagus dan tepat. Lakukan survey, kira-kira bentuk promosi apakah yang paling diminati konsumen, misalnya : undian berhadiah, promo berhadiah langsung, promo mingguan, beli dua dapat tiga, atau yang lainnya. Promosi yang tepat akan membantu meningkatkan angka penjualan dan membuat pelanggan semakin betah menggunakan produk Anda.
Semoga informasi tentang Tips Cerdas Memenangkan Persaingan Dalam Bisnis diatas bisa bermanfaat untuk semuanya.