Bestprofit Futures Jakarta

Mudik bisa jadi sangat melelahkan, terutama jika Anda berpuasa. Oleh karena itu, berbuka puasa menjadi saat penting untuk mengembalikan tenaga serta beristirahat.

Jika Anda tengah berpuasa saat mudik, simak beberapa tips yang dihimpun KompasTravel, Senin (4/7/2016).

Estimasikan waktu perjalanan

Estimasikan waktu perjalanan, dan perhitungkan juga di mana kira-kira Anda berada aat berbuka puasa. Misalnya, Anda sedang dalam perjalanan dari Jakarta dan menuju Semarang. Jika berangkat pukul 13.00 WIB, Anda bisa memperkirakan akan ada di Cirebon pada saat adzan maghrib.

Waktu berbuka puasa

Beda daerah, beda lagi jam berbuka puasanya. Meski sama-sama di Pulau Jawa, pasti ada selisih barang beberapa menit dari Jawa Barat dan Jawa Timur.

Oleh karena itu, ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu waktu berbuka puasa di kota tujuan. Anda bisa mengeceknya di internet, atau beberapa aplikasi traveling untuk umat Muslim seperti Muslim Pro.

Cari alun-Alun terdekat

Cara paling mudah mencari makanan untuk berbuka puasa saat mudik adalah menyambangi kawasan alun-alun. Kawasan ini sudah pasti menyuguhkan banyak pedagang kaki lima. Alun-alun di Pulau Jawa pun punya Masjid Agung yang terletak berdekatan.

Baca Juga ini luar biasa macetnya ini mudik paling parah

Misal, Anda sedang berada di Semarang menjelang adzan maghrib. Bertolaklah ke Simpang Lima. Anda bisa berbuka puasa dengan beragam makanan khas.

Cari informasi kuliner

Masih punya waktu sebelum waktu berbuka? Manfaatkan waktu tersebut untuk mencari informasi kuliner di kota tempat Anda singgah. Dengan browsing “tempat kuliner di Pekalongan” misalnya, Anda akan menemukan daftar makanan khas yang direkomendasikan.

Istirahat sebelum melanjutkan perjalanan

Manfaatkan waktu berbuka puasa dengan mengisi tenaga dan beristirahat. Jangan terburu-buru melanjutkan perjalanan. Apabila Anda mengemudi, hindari makan berlebihan untuk mencegah kantuk datang.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)