http://bisniskeuangan.kompas.com

KOMPAS.com – Ada satu penelitian yang menelusuri momen-momen bahagia dalam keseharian kita. Ternyata momen paling bahagia adalah ketika kita berinteraksi dengan teman dan keluarga. Momen paling tidak bahagia adalah ketika sedang bekerja dan ketika dalam perjalanan ke kantor atau pulang ke rumah.

Jika disuruh memilih kerja dengan laptop di kafe untuk mendapatkan uang atau bermain social media dengan laptop di kafe tanpa imbalan, mana yang lebih banyak dipilih? Ternyata banyak yang merasa lebih bahagia bermain social media tanpa bayaran.

Jika diteliti lebih dalam, kebahagiaan tersebut datangnya dari persepsi bahwa kita meluangkan waktu untuk hal yang penting untuk kita. Ternyata waktu dan bukan uang yang menjadi sumber utama kebahagiaan.

Ada satu hal lagi yang menarik. Ternyata, bagaimana seseorang memilih meluangkan waktu bervariasi sesuai dengan usianya. Di usia remaja sampai 20 tahunan, orang lebih memilih meluangkan waktu untuk sesuatu yang seru atau luar biasa. Ini disebut excited happiness.

Di usia 40 tahunan sampai memasuki masa pensiun, orang lebih memilih meluangkan waktu untuk sesuatu yang menenangkan dan biasa saja. Ini disebut peaceful happiness. Di usia 30 tahunan, orang memilih kombinasi keduanya.

Pengetahuan ini penting untuk Anda yang bergelut di dunia pemasaran dan ingin me-WOW konsumen Anda. Sumber momen WOW ternyata berbeda dalam kelompok umur yang berbeda.
Untuk menciptakan momen WOW bagi Anda yang memasarkan produk atau jasa ke anak muda, Anda perlu menciptakan pengalaman yang seru dan luar biasa. Jika Anda mengejar konsumen yang lebih tua, pengalaman yang Anda ciptakan harus menenangkan dan menimbulkan peace of mind. Jadi tidak selalu momen WOW itu harus luar biasa!

Namun, satu hal yang sama, tidak ada seorang pun yang bahagia menunggu dan antre. Karena itu, pastikan layanan Anda tidak membuang waktu mereka. (Iwan Setiawan, Chief Knowledge Officer MarkPlus, Inc.)