http://www.kumpulanmisteri.com

Ternyata, stres memiliki manfaat untuk tubuh dan keadaan sosial kita yang mungkin dianggap sebagai hal yang tidak mungkin atau bahkan lelucon. Stres adalah keadaan di mana kebanyakan orang malah bisa sakit tekanan darah tinggi, insomnia, masalah pencernaan, timbulnya jerawat, rambut rontok, hingga serangan jantung merupakan dampak dari stres. Tapi jangan salah, stres tidak selamanya berdampak buruk bagi tubuh, ada beberapa manfaat atau hal baik yang bisa kita syukuri ketika sedang mengalami stres, seperti yang akan kita ulas berikut ini.

Ternyata, Stres Memiliki Manfaat yang Bukan Main
1. Peningkatan kemampuan memori sudah terbukti menjadi salah satu manfaat dari stress. Dalam hal ini, diri seseorang akan menjadi lebih berpikir tajam dan bahkan lebih sadar dari biasanya. Kinerja memori akan meningkat dan ini sesuatu yang patut dipercaya karena masalah pun malah dapat terpecahkan dengan mudah, serta informasi sensorik yang akan dapat diproses. Dikatakan juga oleh para peneliti bahwa daya ingat bisa ditingkatkan secara total oleh bantuan stres tersebut.
2. Peningkatan dalam sosialisasi juga pasti disetujui oleh banyak orang yang pernah mengalami stres. Justru ketika berada dalam tekanan, kita malah dibuat lebih dekat dengan orang lain yang secara otomatis berdampak baik bagi kehidupan sosialisasi kita. Telah dibuktikan oleh The Stress Institute serta The Mindful Living Network bahwa kita bakal lebih termotivasi untuk menjadi dekat dengan orang lain di mana oksitosin bakal secara otomatis ditingkatkan oleh stres jangka pendek dan kita menyebutnya sebagai hormon kedekatan.
3. Peningkatan sistem imun. Ternyata, stres memiliki manfaat kesehatan dan sistem imun yang meningkat merupakan salah satu hal yang tentunya malah menguntungkan sekali. Telah diteliti dengan menggunakan seekor tikus, dan ditemukan bahwa tingkat vaksin lebih tinggi terdapat pada tikus yang stres sedangkan tikus yang tidak stres, tingkat vaksin tidak setinggi itu. Kekebalan aktif untuk bertahan atau melawan penyakit dihasilkan oleh vaksin yang merupakan bahan antigenic sehingga infeksi dapat dikurangi atau bahkan dicegah.
4. Penangkis penyakit flu. Stres ternyata ada manfaatnya dan nyatanya, stres malah bisa mengusir penyakit flu atau pilek. Saat kita mengalami stres, tubuh tanpa disadari bakal bekerja lebih aktif dan keras dari biasanya supaya bisa menyesuaikan dengan kondisi yang tengah dihadapi. Sebagai hasilnya, sistem kekebalan tubuh pun didapat dari stres tersebut dan virus yang menyebabkan penyakit pilek dapat dilawan karena juga adanya kekebalan yang seimbang karena kelenjar adrenal yang telah diatur. Ada kortisol yang dihasilkan oleh kelenjar dan untuk stres ada anti inflamasi yang bakal mengatasi baik stres emosional atau fisik.
5. Percepat masa pemulihan. Ternyata stres juga mempunyai beberapa manfaat yang bukan main hebatnya. Bahkan pemulihan pasca-operasi juga bisa didukung dengan stres jangka pendek. Akan sangat menyenangkan jika bisa cepat sembuh setelah operasi. Penyembuhan yang lebih cepat sangat dibantu oleh hormon stres yang tengah berada dalam tubuh.
6. Peningkatan kreativitas juga merupakan manfaat stres yang malah sangat baik, sisi kreatif dalam diri beberapa orang malah bisa dimaksimalkan ketika sedang stres. Tekanan bukan menjadi penghalang untuk berkarya atau menjadi kreatif, tapi justru faktor pendukung untuk menjadi lebih kreatif dan memampukan seseorang untuk bekerja lebih inovatif.
Jadi, bila sedang berada dalam tekanan dan stres, tidak perlu berprasangka buruk karena ada banyak manfaat yang bisa ditarik untuk kesehatan tubuh, pikiran, dan bahkan kehidupan sosial kita. Ternyata, stres memiliki manfaat yang segudang yang tidak kita ketahui selama ini.