http://bisnis.liputan6.com

Liputan6.com, New York – Seperti kebanyakan hubungan lain, hubungan Anda dengan pekerjaan juga akan berputar, kadang menyenangkan dan bisa juga sangat melelahkan. Kelelahan atau rasa jenuh saat bekerja mungkin tak akan langsung tampak secara fisik tapi Anda bisa mengenalinya.

Hari ini masih Senin dan Anda sudah tak sabar ingin Jumat segera tiba. Itu merupakan salah satu ciri anda sudah sangat jenuh pada pekerjaan yang dilakukan.

Selain itu, Anda juga merasa tidak tertarik berangkat ke kantor atau menghindari banyak orang di kantor karena malas membicarakan masalah pekerjaan. Sikap-sikap seperti ini sebenarnya wajar terjadi saat Anda sudah merasa terlalu lelah dan merasa seperti kehilangan semangat untuk bekerja.

Tapi tenang saja, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir seluruh kejenuhan tersebut. Berikut empat cara untuk mengatasi rasa lelah menghadapi pekerjaan seperti dihimpun Career Realism, Jumat (24/4/2015):

1. Jujur pada diri sendiri

Akui perasaan Anda tentang kehidupan kerja di kantor. Tulis seluruh perasaan Anda atau bicarakan dengan seseorang yang dapat dipercaya.

Hati-hati, semakin Anda mengabaikan perasaan Anda, maka situasi perasaan Anda justru semakin bruk. Semakin cepat Anda mengakui perasaan tersebut, maka semakin mudah mengatasinya.

2. Mencari inspirasi

Cari buku atau film yang dapat menceritakan sejumlah kisah sukses dan menginspirasi Anda sebagai penikmatnya. Banyak orang sukses yang berhasil mendapatkan insipirasi justru setelah menerima berbagai tekanan.

3. Nikmati kehidupan pribadi

Saat berkarir, Anda seringkali melupakan sahabat dan keluarga lantaran menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bekerja. Pastikan Anda terhubung dengan orang-orang terdekat yang dapat memberikan semangat dan perasaan bahagia setiap hari.

4. Susun rencana

Akan sangat sulit bagi Anda untuk merasa bersemangat setiap hari jika Anda tidak tahu apa yang ingin dilakukan. Banyak orang hanya datang ke kantor tanpa tujuan yang jelas dan hanya mengerjakan tugas yang diperintahkan.

Mulailah susun rencana berbagai hal menyenangkan untuk dilakukan di kantor maupun sepulang kerja. Jika Anda masih merasa kelelahan, mungkin ini waktunya Anda menyusun rencana untuk bekerja di tempat lain. (Sis/Ndw)