pt best profit futures

Nilai tukar rupiah beberapa waktu terakhir cenderung stabil pada kisaran Rp 13.000 per dollar AS. Meskipun volatilitas tetap terjadi, namun pergerakan rupiah cenderung stabil. pt bestprofit futures

Ekonom dan pengajar senior Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) A Tony Prasetiantono menyatakan, apapun alasannya, stabilitas rupiah perlu disyukuri. Dalam beberapa waktu terakhir pun rupiah relatif stabil.

“Kalaupun ada gejolak tapi range-nya sempit dibandingkan sebelumnya yang lebih volatil,” kata Tony pada acara Permata Wealth Wisdom di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Berdasarkan analisisnya, Tony menuturkan stabilitas nilai tukar rupiah didorong keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan program pengampunan pajak (tax amnesty).

Program tersebut berhasil menarik terjadinya repatriasi dana. Tony mengestimasikan, dana repatriasi dari program amnesti pajak yang masuk ke Indonesia mencapai kira-kira 11 miliar dollar AS. Bestprofit Futures

Ini membuat cadangan devisa Indonesia meningkat dan akhirnya nilai tukar rupiah stabil. Cadangan devisa Indonesia bahkan pernah mencapai 124,95 miliar dollar AS pada akhir Mei 2017.

Saat ini, cadangan devisa Indonesia mencapai kisaran 123 miliar dollar AS. “Ini adalah rekor cadangan devisa tertinggi sepanjang sejarah Indonesia,” tutur Tony. pt best profit

Ia menuturkan, kondisi itu pada akhirnya membuat nilai tukar rupiah cenderung stabil. Intinya, imbuh Tony, kepercayaan terhadap kinerja dan program pemerintah pada akhirnya mendorong stabilitas nilai tukar.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menegaskan tidak akan memeriksa yang sudah ikut program pengampunan pajak atau tax amnesty. Unit Eselon I Kementerian Keuangan ini pun tidak akan mengenakan sanksi terhadap 5.528 Wajib Pajak (WP) yang terindikasi secara sengaja tidak mengubah deviasi atau perbedaan antara pajak yang dibayarkan dengan omzetnya, salah satu kecurangan dengan membuat faktur fiktif.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama tidak menampik bahwa ada perilaku WP yang menyimpang, seperti menerbitkan faktur pajak fiktif atau membuat laporan palsu demi memperoleh restitusi atau pengembalian pajak.

“Memang ada yang seperti itu (faktur pajak fiktif). Tapi nanti kita klarifikasi ke WP, benar atau tidak. Itu di bagian konseling,” tegasnya saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Hestu Yoga menjelaskan, Ditjen Pajak akan melakukan fungsi pengawasan, penagihan, dan pemeriksaan kepada para WP. Khusus pemeriksaan akan dilakukan terhadap WP yang tidak ikut tax amnesty, tapi tidak berlaku bagi WP yang sudah ikut tax amnestyfutures

“WP yang sudah ikut tax amnesty, tidak diperiksa. Kita lihat kepatuhannya. Kalau ada indikasi seperti itu (nakal), kita konseling, pembinaan. Tapi tidak ada arahan atau instruksi dari Bu Menteri (Sri Mulyani) untuk memeriksa,” jelasnya.

Apabila terindikasi ada kecurangan oleh WP yang sudah ikut tax amnesty, menurut Hestu Yoga, Ditjen Pajak akan mengundang mereka datang ke kantor untuk klarifikasi. Tidak untuk diperiksa, melainkan diimbau. Ia pun menegaskan mereka tidak akan dikenakan sanksi denda sebesar 200 persen.  best profit

“Itu pajak 2016, kalau periode 2015 ke bawah, tidak bisa ngapa-ngapain. Kalau terbukti benar, kita imbau dan dibina supaya melakukan pembetulan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh). Tapi itu (kenakalan) kan baru indikasi, belum tentu benar,” tegasnya.

Padahal di Pasal 13A Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP), yakni sanksi administrasi berupa kenaikan sebesar 200 persen dari jumlah pajak yang kurang dibayar yang ditetapkan melalui penerbitan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar apabila WP yang karena kealpaannya tidak menyampaikan SPT atau menyampaikan SPT, tetapi isinya tidak benar atau tidak lengkap, atau melampirkan keterangan yang isinya tidak benar sehingga dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan negara, tidak dikenai sanksi pidana apabila kealpaan tersebut pertama kali dilakukan oleh WP dan WP tersebut wajib melunasi kekurangan pembayaran jumlah pajak yang terutang. Bestprofit Futures

( mfs – Bestprofit Futures )