Bestprofit Futures Jakarta

Tahun ajaran baru bagi dunia pendidikan tanah air, artinya proses penerimaan murid-murid baru di berbagai instansi pendidikan telah dimulai.
Berbagai instansi pendidikan memulai ujian saringan masuk yang bervariasi untuk mendapatkan siswa-siswa baru yang kompeten dan berpotensi. Ujian besar-besaran dan paling mencuri perhatian sudah tentu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.
Dihelat secara nasional, benarlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi prioritas utama bagi mayoritas. Mereka yang baru saja menamatkan sekolah menengah Atas sebagian besar menjadikan PTN sebagai target utama.
Ada banyak alasan, mulai dari PTN favorit dan terkenal, Gengsi tinggi jika masuk PTN dan ada pula alasan finansial,
Kabarnya kuliah di PTN lebih murah karena mendapat subsidi pemerintah.
Inilah sejumlah alasan yang membuat puluhan hingga ratusan ribu calon mahasiswa berebut kursi PTN setiap tahun.

Namun, sudah pasti kursi di PTN yang terbatas membuat banyak calon mahasiswa yang gagal.
Tak melulu karena kurang cerdas, namun ada banyak alasan teknis lainnya. Jika sudah gagal inilah tak sedikit mereka yang putus asa bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya hanya karena gagal di PTN.
Nah bagi Agan atau Sista yang tengah mengikuti PTN, dan belum berhasil, ada baiknya mempertimbangkan beebrapa poin berikut ini sebelum terjerumus dalam keputus asaan bahkan hingga bunuh diri.

1. Berpikir menjadi orang paling Bodoh

Gan, Sis dan adek-adek sekalian, gagal di PTN bukan berarti hidup berakhir. Ini biasanya dialami oleh mereka para bintang kelas yang selama sekolah selalu mendapatkan nilai tinggi hingga peringkat bagus. Saat gagal di PTN, Hidup agan bukan berarti telah gagal pula. Ingat sejumlah ilmuwan hingga orang besar mengawali karir kesuksesannya dnegan banyak kegagalan.Hidup itu susah dan butuh perjuangan serta kekuatan hati untuk tegar. Gagal di Ujian PTN? Masalah kecil banget Gan, ada banyak hal besar lain di depan Agan yang peluang kegagalan dan kesuksesannya sama. Jadi kuatkan hati, anggap saja sedang tes kegigihan.

2. Terobsesi dengan PTN

Agan suah mencoba tiga hingga empat kali namun tetap gagal, sementara PTN melakukan ujian setiap tahun. Artinya Agan telah membuang waktu berthun-tahun hanya untuk satu kursi di PTN? Banyak yang seperti ini! PTN bukan kunci dan jaminan menuju sukses Gan. Apalagi lowongan pekerjaan sekarang mematok batas umur, bisa-bisa Agan lulus malah susah mencari pekerjaan yang cocok. Jadi mengapa ketika Gagal PTN tak langsung memilih PTS? Mahal? Agan bisa bekerja dulu setahun untuk ini…. PTS sama PTN sama-sama membuka jalan kesuksesan Agan. Pembuka Jalan saja… Tak menjamin suksesnya Agan.

3. Mengutuk diri Sendiri

Gan, ini sangat miris ya. Kegagalan kecil seperti ini tak perlu diperbesar di dalam diri Agan. Love yourself Gan!
Semakin menyalahkan diri sendiri amaka akan semakin menurunkan produktivitas Agan tanpa disadari.
Jadi akan lebih baik menikmati hidup, tetap semangat apabila harus melanjutkan pendidikan di PTS atau tidak di universitas Favorit.
Percaya Gan, apapun yang dijalani dengan ikhlas dan tulus akan menghasilkan buah yang manis nantinya.

4. Malu dengan Orang terdekat

Agan di sekolah Pintar,namun tak lulus PTN sekilas memang sedikit mengecewakan. Namun, Agan tetap manusia biasa sepintar dan sejenius apapun dulunya. Agan tak akan pernah terlepas dari kegagalan. Tak ada manusia yang sempurna. Jika gagal di PTN tahun ini, bukan berarti agan harus Malu. Itu bukan aib yang harus ditutupi Gan, itu hanya suatu tantangan yang mungkin menguji kegigihan AGan untuk sukses di jalur lain. Tetap semangat Gan!  Bestprofit Futures Jakarta

5. Menyalahkan Hasil

Jangan pernah Gan. Mungkin agan melihat teman yang dulu di sekolah agan tidak lebih pintar namun lolos PTN, bukan berarti agan berhak menyalahkan mereka. Tetap menjaga integritas diri Gan, apa yang perlu agan lakukan adalah tetap belajar dan membuktikan kepada semua orang bahwa Agan lebih sukses walaupun tak masuk PTN. Semangat Gan  Prove yourself!

Itulah beberapa perspektif yang biasa muncul ketika sesorang gagal dalam PTN, Agan tak boleh melakukan hal-hal tersebut.Percayalah sukses tidaklah diartikan seberapa tenar dan populer kampus Agan dan seberapa banyak alumninya yang sukses.Sukses tetap ditentukan oleh Agan sendiri.
Bagaimana cara Agan berpikir, berlaku dan memandang hidup ini.
Bestprofit Futures Jakarta