http://bisnis.news.viva.co.id

Ada tips untuk bisa bertahan sampai sebelum gajian.

VIVA.co.id – Tanggal tua biasa diartikan sebagai hari-hari ketika stok uang dari pendapatan bulan lalu sudah menipis, sementara kita masih harus bertahan hidup hingga hari gajian.

Kalau Anda jenis orang yang jor-joran berbelanja saat awal bulan maka saat tanggal tua, Anda terpaksa gigit jari. Alasannya, karena uang sudah habis, sementara gaji yang ditunggu belum juga masuk ke dalam rekening.

Dan bulan depan, kejadian ini terjadi lagi.

Berikut ini beberapa strategi untuk keluar dari siklus penderitaan setiap tanggal tua dan membuat Anda tetap happy alias bahagia:

Berbelanja kebutuhan bulanan di awal gajian

Terutama bagi Anda yang sudah berumahtangga, penuhilah segera kebutuhan di awal bulan. Ini wajib.

Buatlah daftar belanja yang mencakup segalanya. Mulai dari beras, gula hingga barang kebutuhan cuci mencuci, seperti detergen dan pembersih lantai. Jangan lupa juga untuk membeli pulsa ponsel dan pulsa listrik (jika Anda pelanggan PLN prabayar).

Membayar semua tagihan tanpa menunda

Yang senang atas kedatangan hari gajian bukan cuma Anda, tapi juga orang-orang yang Anda utangi. Segerakan membayar tagihan telepon, kartu kredit, tagihan asuransi dan kredit rumah atau kendaraan.

Selain tagihan rutin, Anda juga harus secepatnya membayar uang sekolah anak, uang arisan, iuran RT, sampah, keamanan. Sisihkan juga untuk tabungan, keperluan tidak terduga dan investasi.

Menunda-nunda pembayaran akan membuat Anda terlanjur mengeluarkan uang untuk hal lain dan akibatnya tagihan tak terbayarkan.

Miliki beberapa rekening tabungan

Strategi yang dianggap cukup jitu adalah memiliki lebih dari satu rekening. Jadi, Anda akan punya rekening khusus untuk kebutuhan bulanan dan rekening untuk investasi.

Dengan demikian, Anda bisa mengatur arus pemasukan dan pengeluaran uang dengan mudah.

Membuat perencanaan pengeluaran per minggu

Buatlah perencanaan pengeluaran untuk setiap minggu, termasuk jumlah anggaran yang dihabiskan untuk minggu itu. Misalnya, dalam seminggu, Anda akan mengeluarkan uang untuk transportasi, bensin, makan, rekreasi dan lain-lain.

Uang yang Anda alokasikan harus cukup untuk memenuhi semua kebutuhan Anda dalam seminggu.

Dengan begini, Anda akan terbebas dari sakit kepala saat tanggal tua tiba, karena tidak ada alasan lagi bahwa Anda kehabisan uang. Akan tetapi, tentu saja Anda harus ketat dan disiplin terhadap perencanaan tersebut.

Kartu kredit ‘penolong’ saat tanggal tua

Dengan kartu kredit, Anda masih bisa menikmati gaya hidup Anda di tanggal tua atau menangani hal-hal darurat atau mendesak saat Anda tidak memiliki uang tunai di akhir bulan.

Bukan itu saja, beberapa kartu kredit juga memberikan diskon menguntungkan sehingga saat tanggal tua, Anda tetap bisa menikmati fasilitas di restoran, bioskop dan lain-lain.

Tetapi ingat, lunasi semua tagihan begitu gajian. Jangan maumembayar cicilan minimum, karena bunga akan semakin menumpuk.

Anda harus mengenal dan mengerti tanggal cetak dan tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan yang jumlahnya cukup banyak.

Menerapkan hidup hemat

Lebih baik lagi kalau Anda memulai hidup hemat tanpa harus menunggu tanggal tua. Contohnya, membawa bekal ke kantor untuk mengurangi jajan di luar terus menerus.

Siapa tahu uangnya bisa ditabung dan Anda bisa berekreasi dengan keluarga atau pacar Anda justru di saat-saat tanggal tua.