Strategi Pemasaran dengan Memanfaatkan Aplikasi Blackberry Messenger

Perkembangan aplikasi messenger cukup menarik perhatian bagi beberapa kalangan pebisnis. Fenomena bercakap-cakap melalui pesan singkat sepertinya sudah menajdi gaya hidup seseorang. Tak mengenal tempat dan waktu, beberapa orang terlihat asyik ketika melakukan percakapan dengan menggunakan aplikasi messenger ini.

Salah satu aplikasi messenger yang cukup populer adalah Blackberry Messenger. Dimana pengguna aplikasi BBM ini khususnya di Indonesia sendiri berkembangnya  cepat. Ditambah lagi dengan adanya BBM all platform, malah semakin memudahkan orang untuk menggunakan BBM ini tanpa harus membeli perangkatnya terlebih dahulu. Sehingga membuat pengguna BBM ini menjadi semakin bertambah banyak.

Melihat potensinya begitu sangat bagus, beberapa pebisnis memanfaatkan aplikasi BBM messenger ini sebagai media untuk publisitas produk-produk mereka. Karena memang aksesnya lebih simple dan lebih mudah untuk menjangkau konsumen.

Lalu, sebagai seorang pemula dalam berbisnis, bagaimana caranya untuk memanfaatkan aplikasi messenger BBM ini sebagai alat untuk melakukan pemasaran produk? Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Menuliskan Display Name yang Jelas

Untuk masalah penulisan Display Name pada aplikasi messenger Anda. Point utama yang harus diperhatikan adalah “readable”. Display Name Anda harus bisa dibaca oleh orang lain yang ada di kontak aplikasi messenger dan mudah terbaca oleh sistem pencarian kontak.

Kedua, usahakan nama Anda berada pada urutan teratas dalam satu kategori di daftar kontak konsumen Anda. Caranya adalah dengan menambahkan tanda seru “!” sebelum nama toko atau nama Anda. Contohnya begini:

! SusanShop | 081234567 | Grosir Baju Wanita | Bandung

Selanjutnya masih mengenai Display Name, seperti pada contoh diatas, selain menuliskan nama OL Shop tambahkan juga informasi lainnya seputar kategori produk apa yang Anda jual, no Hp atau alamat domisili Anda. Jadi, Display Name benar-benar optimal sebagai identitas toko online Anda.

Menampilkan Display Picture

Selain penulisan nama, selanjutnya Anda juga harus memperhatikan Display Picture atau tampilan gambar. Jika tampilan profile sesuai dengan produk yang Anda jual ini juga akan mempengaruhi daftar contact Anda untuk melihat lebih lanjut tentang apa yang Anda tampilkan. Jika Display Picture Anda unik maka akan menarik perhatian dari daftar contact yang Anda miliki. Melalui gambar inilah Anda bisa menawarkan produk yang akan dijual kepada konsumen.

Untuk masalah pemilihan gambar usahakan memilih gambar yang jelas dan tidak blur atau pecah ketika konsumen memperbesar gambar.

Interaktif, Komunikatif, dan Responsif

Konsumen Anda adalah sahabat Anda. Jangan khianati mereka dengan kecurangan dan kebohongan dalam pelayanan. Sebagai sahabat yang baik lebih bagus lagi untuk sesekali menyapa mereka, sekedar bertanya kabar dan berinteraksi secara personal. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kedekatan emosional berpengaruh terhadap proses penjualan. Selain daripada itu secepat mungkin Anda harus bisa memberi kabar kepada konsumen Anda. Jangan sampai slow respon. Karena ini juga akan mempengaruhi minat konsumen terhadap produk yang sedang Anda jual.

Prime Time

Pilihlah waktu yang tepat dalam mengirimkan broadcast message kepada seluruh kontak. Waktu-waktu potensial untuk mengirim broadcast adalah pada waktu siang hari jam 12.00 s.d jam 13.00, Pada waktu sore hari jam 16.00 s.d 17.00, pada waktu malam hari jam 21.00 s.d 23.00. Karena pada waktu-waktu tersebut orang banyak memiliki waktu luang untuk memegang gadget mereka. (baca juga : Menggunakan Facebook sebagai Alat Online Marketing)

Mungkin yang perlu Anda ketahui adalah masalah etika berkomunkasi dengan menggunakan aplikasi messenger ini. Terkadang beberapa pengguna merasa tidak nyaman jika menerima info mengenai produk jualan secara terus-menerus. Jangan selalu melakukan promosi produk, sesekali Anda bisa memberikan sebuah info, tips maupun trik untuk menjalin kedekatan lebih lanjut lagi pada daftar teman Anda yang ada di aplikasi messenger BBM tersebut.