Bestprofit Futures Jakarta

Mungkin akan ada beberapa pergerakan ke atas lainnya untuk safe-haven emas setelah syok Brexit, namun pergerakan ke atas tersebut mungkin akan terbatas, kata analis pada hari Selasa.

“Untuk membeli emas pada level saat ini, Anda diharuskan bertaruh bahwa akan ada lebih banyak hal yang tidak beres yang saya benar-benar tidak begitu yakin akan terjadi,” Hans Olsen, kepala strategi investasi Stifel global, mengatakan kepada CNBC “Squawk Box”.

Olsen mengatakan perusahaannya membuat “cukup banyak uang” dari reli emas baru-baru ini tetapi “gangguan besar” yang menyebabkan reli tersebut sudah berakhir.

Spot emas diperdagangkan sekitar level $ 1.320 per ounce pada Selasa pagi di Asia, sekitar 4 persen lebih tinggi dari level sebelum hasil voting Brexit pada 23 Juni lalu.

Sementara itu kepala investasi NationsShares Scott Nations mengatakan, emas bisa meraih 6 persen lagi gain untuk mencapai level $ 1.400 per ounce.

“saya bisa melihat dengan pasti bahwa emas akan menguat sedikit sejak saat ini, tentu bukan karena memang berada di jalur kenaikan tetapi lebih dikarenakan orang-orang tidak akan tahu apa lagi yang harus diperbuat,” katanya kepada CNBC “The Rundown”.

Harga emas menurun dalam perdagangan Eropa pada Selasa sore (28/6), jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga sesi. Investor terkunci dalam keuntungan setelah naik tertinggi sejak shock Brexit.Divisi Comex New York Merchantile Exchange, spot emas untuk pengiriman Agustus turun -0.59% dilevel $1,318.75 troy ons. Sehari sebelumnya, si kungin naik $2,30, atau 0,17%. Harga logam mulia melonjak ke puncak 27 bulan di level $1,362.60 pada Jumat lalu, setelah syok suara Inggris untuk keluar dari Uni Eropa yang membuat investor membanjiri bullion dan aset berlindung lainnya.
Logam mulia adalah hampir naik hingga 25%, didorong oleh keprihatinan atas pertumbuhan global dan sebagai pelaku pasar mendorong kembali harapan kenaikan suku US berikutnya.

Berita forex di hari Selasa, euro terpantau alami penguatan terhadap dollar AS ketika kekhawatiran atas lepasnya Inggris dari blok Eropa telah meningkatkan resiko resesi ekonomi zona euro. Di sisi lain, perhatian pasar saat ini tengah berfokus kepada hasil laporan pertumbuhan domestik bruto Amerika.Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, EURUSD terpantau naik sebesar 0.33% dengan diperdagangkan pada level 1.1060 dimana pasangan tersebut telah bergerak menyentuh level low di 1.0971 dan level high di 1.1083. Terhadap mata uang utama lainnya, EURJPY terpantau menguat 0.28% di level 112.78 dan EURGBP melemah 0.37% di level 0.8302.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)