http://www.cnnindonesia.com

Jakarta, CNN Indonesia — PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) meresmikan beroperasinya hotel transit di Stasiun Gambir bernama “Rail Transit Suite Gambir”. Hotel tersebut akan dikelola oleh salah satu anak perusahaan KAI yaitu PT KA Pariwisata.

“Fasilitas ini sangat menolong bagi para pelanggan kita agar mereka bisa beristirahat secara optimal,” kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis petang (2/7).

Edi mengungkapkan PT KAI sangat mendukung inovasi bisnis dan layanan yang dilakukan oleh anak-anak perusahaanya. Menurutnya, bisnis transportasi sangat erat kaitannya dengan bisnis akomodasi.

“Inovasi yang dilakukan oleh KA Pariwisata ini kami hargai dan kami berharap untuk bisa diterapkan di stasiun lainnya sehingga lebih bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggan,” ujar Edi.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama KA Pariwisata Adi Suryatmini menyebutkan investasi yang dilakukan untuk membangun hotel transit ini hanya sekitar Rp 5 miliar mengingat KA Pariwisata hanya memanfaatkan area yang sudah tersedia di Stasiun Gambir.

Payback period (investasinya) 3 tahun lah,” kata Adi.

Proyek pembangunan hotel transit di Gambir telah dimulai sejak Oktober tahun lalu. Diharapkan, hotel transit ini bisa memberikan kontribusi pendapatan Rp 3 miliar-Rp 4 miliar per tahun kepada PT KAI.

Adi memperkirakan bisnis hotel transit yang tengah dikembangkannya bisa menyumbang sekitar 25 persen dari pendapatan KA Pariwisata, yang berkisar Rp 20 miliar per tahun. Pendapatan itu didominasi oleh pendapatan dari jasa KA Wisata. (gen)