Bestprofit Futures Jakarta

Jakarta – Perancang busana Sebastian Gunawan akan memamerkan koleksi adibusananya di pekan mode Paris Haute Couture Week (PHCW) 2016 di Paris, Prancis, pada 3 Juli 2016. Seba, demikian ia biasa disapa, akan menyajikan koleksi dari dua label, yaitu Sebastian for Couturissimo dan Sebastian Couture Bestprofit Futures Jakarta.

“Untuk koleksi Couturissimo, saya harus bisa memberikan DNA garis rancangan couture yang wearable dengan harga yang affordable, sedangkan untuk koleksi Sebastian Couture saya akan mempersembahkan koleksi adibusana musim gugur/musim dingin 2016,” kata Seba saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/5).

Total ada sekitar 30 busana Sebastian for Couturissimo yang akan diperagakan oleh model. Koleksi itu didesain oleh Sebastian Gunawan dan Christina Panarese. “Desainnya menggabungkan beragam bentuk feminin dan maskulin serta gabungan renda yang romantis dan unsur vintage, ditambah elemen oriental,” jelas Seba.

Koleksi busana tersebut didominasi warna-warna klasik, seperti hitam, putih, abu, merah, biru, pink, dan emas. “Sedangkan sentuhan adibusananya dibuat dari bordiran dan aplikasi,” lanjut perancang yang belajar di Sekolah Mode Susan Budihardjo, The Fashion Institute of Design and Merchandising di LA, Amerika Serikat dan Institute Artistico Dell Abbigliamento di Milan, Italia.

Keikutsertaan Seba di PHCP 2016 adalah sebagai anggota Asian Couture Federation (ACF). Founding President Asian Couture Federation, Dr Frank Cintamani mengatakan, PHCW menjadi ajang untuk mempromosikan desainer adibusana terbaik di Asia kepada khalayak dunia.

“Sebastian adalah desainer adibusana terbaik di Indonesia yang terkenal sebagai Asian Couturier Extraordinaire. Selain menggelar koleksi khususnya untuk Couturissimo, koleksi adibusana Seba juga akan dijual di toko online Couturissimo,” terang Frank.

Koleksi adibusana Seba untuk Couturissimo, kata Frank, akan diproduksi secara massal. “Per desain akan diproduksi sekitar 600-3 ribu potong, tergantung jenis bahan dan desainnya,” ungkap Frank yang juga akan menawarkan koleksi adibusana dari 3 desainer terbaik lainnya di ACF, yaitu Michel Cinco dari Dubai, On Aura Tout dari Paris, dan Songzio dari Korea.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mendukung keikutsertaan Seba di ajang ini. Apalagi, kata Triawan, ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia. Pada 2015, sumbangan ekonomi kreatif pada GDP mencapai Rp850 triliun, dan 31-% nya disumbang oleh industri fashion.

“Karena itu, karya-karya Sebastian Gunawan menjadi penting bagi ekonomi kreatif. Semoga karyanya bisa diterima para pembeli dunia dan bisa mengakses pasar yang lebih luas,” kata Triawan Munaf Bestprofit Futures Jakarta.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)