Bestprofit Futures Jakarta

Saham-saham Hong Kong mengalami hari terburuknya dalam empat bulan terakhir dengan investor yang bergabung dengan sell-off ekuitas global pada kekhawatiran ekonomi yang tersisa dan meningkatnya risiko kemungkinan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Indeks Hang Seng turun 2,5 persen, ke 20,512.99, sedangkan Indeks China Enterprises kehilangan 2,4 persen, ke 8,619.92 poin.

Volatilitas pasar global telah melonjak menjelang pertemuan bank sentral pekan ini serta referendum Inggris di tanggal 23 Juni nanti mengenai apakah akan mereka tetap berada di Uni Eropa atau tidak.

The Fed AS, Bank of England, Swiss National Bank dan Bank of Japan semua akan mengadakan pertemuan kebijakannya pada pekan ini.

Index saham Hong Kong adalah standar bursa saham di Hong Kong yang merupakan salah satu Index saham yang paling terkenal di seluruh Asia dan digunakan oleh hampir semua manajer keuangan sebagai standar perdagangan.

Index saham Hong Kong merupakan Index dari 33 saham utama di Hong Kong yang digolongkan dalam bidang usaha seperti financial, properti, industri, niaga dan sub-index. Tiap jenis saham mempunyai pengaruh yang proporsional secara langsung pada pergerakan index, tergantung pada nilainya dipasar. Saham-saham utama dengan modal yang kuat akan mempunyai dampak yang lebih besar dibandingkan saham dengan modal kecil. Saham-saham ini menguasai hampir 70% total pasar modal dari semua saham yang terdaftar di Bursa Saham Hong Kong.

Hong Kong bukan hanya dikenal sebagai pusat bisnis. Kawasan yang saat ini bernaung dengan Cina ini menawarkan sebuah peluang emas dalam investasi keuangan.

Pasar saham Hong Kong juga dikenal memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi. Indeks saham yang jadi tolok ukur utama bagaimana kinerja pasar modal Hong Kong adalah indeks Hang Seng.

Komponen-komponen indeks Hang Seng adalah perusahaan-perusahaan besar yang memiliki basis operasional di Cina dan juga Asia, namun bukan berarti tidak ada perusahaan dunia yang tercakup disini. Walaupun jumlahnya tidak banyak, namun perusahaan-perusahaan ini memiliki kinerja yang sangat baik.

Hang Seng sangat terkenal dengan pergerakan harganya yang cepat dan memiliki respon yang tinggi terhadap rumor-rumor pasar yang sedang terjadi. Idiom ‘market moves by rumour’ sangat cocok dilekatkan pada indeks Hang Seng.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)