Rupiah Sentuh Posisi Terkuat dalam 2 Bulan Terakhir

Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari detik.com

best profit 178Pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan kemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pemilihan presiden (pilpres) 2014, pasar keuangan memberikan respons positif. Salah satunya terlihat dari penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

 

Dikutip dari Reuters, Rabu (23/7/2014), dolar AS diperdagangkan di posisi Rp 11.485. Ini merupakan posisi terkuat sejak 19 Mei 2014, di mana kala itu dolar ditutup Rp 11.418.

 

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memperdagangkan dolar AS di Rp 11.532,5 untuk jual dan Rp 11.472,5 untuk beli. Sementara di PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dolar AS dipatok di Rp 11.468 untuk beli dan Rp 11.682 untuk jual.

 

Batavia Prosperindo Sekuritas dalam risetnya hari ini menyatakan bahwa selesainya proses pilpres yang memenangkan Jokowi-JK serta tidak adanya masalah legal yang signifikan ini dapat memberikan sentimen positif bagi nilai tukar rupiah. Tidak hanya itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan pasar obligasi pun akan merasakan dampak serupa.

 

“Yang dapat dicermati adalah pembentukan kabinet pemerintah. Selain itu, tim Prabowo-Hatta diberitakan juga akan menggunakan kekuatan parlemen dalam beroposisi dengan pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini berpotensi menghambat jalannya pemerintahan, sehingga adanya pengalihan dukungan dari beberapa partai ke kubu pemerintah sangat diharapkan,” papar riset tersebut.

 

(hds/ang)