Rupiah Senin Pagi Menguat Menjadi Rp11.718

Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari antaranews.com

best profit 1qNilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin pagi, bergerak menguat sebesar 60 poin menjadi Rp11.718 dibandingkan posisi sebelumnya Rp11.778 per dolar AS.

 

“Setelah minim sentimen positif dari dalam negeri pada pekan lalu, data cadangan devisa Indonesia yang meningkat menjadi 110,542 miliar dolar AS periode Juli 2014 menjadi pendorong mata uang domestik pada awal pekan ini,” kata Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada di Jakarta, Senin.

 

Kendati demikian, lanjut dia, masih adanya imbas dari pelemahan sejumlah mata uang di beberapa negara berkembang setelah nilai mata uang euro setelah data-data ekonomi di kawasan itu yang cenderung bervariasi masih menahan laju mata uang rupiah untuk meningkat lebih tinggi.

 

Di sisi lain, lanjut dia, dolar AS masih berpotensi menguat kembali menyusul data-data ekonomi AS yang berpeluang kembali mencatatkan kinerja positif.

 

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menambahkan bahwa sentimen dari situasi geopolitik rusia dan ukrainan yang mulai mereda membuat aset-aset di negara berkembang kembali diminati investor.

 

“Meredanya sentimen itu, mendorong mata uang domestik menguat,” katanya.

 

Namun, lanjut dia, investor masih tetap waspada terhadap perkembangan konflik geopolitik itu yang sewaktu-waktu bisa memicu kembali investor menarik dananya di aset negara-negara berkembang.(rr)