Rupiah Menguat ke Level Rp 11.667 per Dollar AS

Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari tribunnews.com

best profit 2cLaju nilai tukar rupiah berbalik menguat setelah dirilisnya BI rate. Pergerakan ini berbanding terbalik dengan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang kian terjerembab ke zona merah.

 

Pada posisi kemarin nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp 11.667 per dollar AS. Posisi ini menguat ketimbang posisi sehari sebelumnya yang berada pada Rp 11.683 per dollar AS (Kurs Tengah BI).

 

Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities, mengatakan bahwa kenaikan mata uang rupiah juga disebabkan oleh kenaikan mata uang di negara tetangga yang dibarengi dengan sentimen positif dari makro ekonominya.

 

“Terapresiasinya Peso Filipina, Baht Thailand, Ringgit Malaysia seiring dengan rilis data-data positif makroekonominya yang dibarengi dengan menguatnya Yuan dan Won KorSel turut mendukung laju Rupiah yang terapresiasi,” katanya di jakarta, Jumat (15/08/2014).

 

Laju Rupiah pun mampu menghalau kekhawatiran akan imbas penguatan dollar AS terkait dengan kebijakan taperring off yang akan dilakukan pada Oktober 2014. Diperkirakan pada hari ini, Laju Rupiah di bawah level resisten Rp 11.678 per dollar AS.

“Jika sentimen yang ada dapat bertahan positif, laju Rupiahpun akan mampu bertahan di zona hijaunya. Rp11.678-11.660 (kurs tengah BI),” katanya.