http://ibu-zahraa.blogspot.com

Pernahkah Anda merasakan seret atau susahnya mencari rejeki, padahal Anda sudah bekerja keras? Lalu apa yang Anda lakukan untuk mengatasinya, berusaha lebih keras lagi, marah sama Allah atau putus asa? Rejeki seret/susah merupakan salah satu ujian Allah kepada hambaNya, namun bisa jadi merupakan peringatan yang ditimpakan atas dosa yang kita lakukan.(INgin bertemu Lailatul Qadar, Kenali Ciri-cirinya)
Tanpa disadari, ternyata banyak perbuatan dosa yang membuat rejeki menjadi seret atau susah. Dosa tersebut tidak hanya kepada Allah, tapi bisa juga dosa kepada manusia. Hem, kira-kira dosa apa sajakah yang menjadi penghambat turunnya rejeki kita? Dosa yang menjadi penghalang kelancaran rejeki kita, antara lain : syirik, meninggalkan shalat lima waktu, durhaka kepada orang tua, zina, rezeki haram, minum khamr, memutuskan tali silaturrahmi, menuduh dan bersaksi palsu, pelit/kikir, suka berghibah/gosip. (Makanan dan Minuman yang membuat Wanita Sulit Hamil)
Jika Anda mengalami rejeki seret, segera introspeksi diri, apakah Anda pernah melakukan dosa besar yang menjadi penghambat rejeki. Jika benar, maka segeralah bertaubat dan perbaiki diri Anda, karena tidak ada kata terlambat selama nafas masih berhembus. Selain itu, ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan agar rejeki yang seret bisa menjadi lancar kembali, diantaranya :

1.    Sayangi orang tua

Salah satu penghambat turunnya rejeki adalah durhaka kepada orang tua. Karena itu, agar kran rejeki kita bisa lancar maka sayangilah orang tuamu, penuhilah kebutuhannya dan jangan pernah sakiti hati serta perasaannya.
justify;”> 2.    Sabar dan syukur

Rejeki seret bisa jadi merupakan cara Allah menguji kesabaran Anda. Karena itu, jangan gegabah, putus asa, apalagi marah dan menyalahkan Allah. Bersabarlah dan syukurilah kondisi apapun yang tengah menimpa Anda. Karena sebagaimana dalam firman Allah dalam Al Quran Surat Ibrahim : 14, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku sangat berat.”(QS.ibrahim [14]:)

3.    Membaca istighfar

Istighfar tidak hanya berkhasiat untuk memperoleh ampunan Allah, tapi juga menjadi jurus ampuh keluar dari kesempitan rejeki. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits “Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya)

4.    Sedekah

Kesempitan rejeki, jangan menjadikan Anda orang yang pelit atau kikir, karena hal itu justru membuat kran rejeki Anda semakin sempit dan seret. Sedekah tidak akan membuat Anda menjadi miskin, justru sedekah yang membuat kran rejeki Anda menjadi lancar. Yuk biasakan bersedekah!

5.    Jauhi pekerjaan yang haram dan syubhat

Pekerjaan haram dan syubhat tidak hanya membuat harta Anda tidak berkah, tapi bisa juga mendatangkan malapetaka dan murka Allah. Agar pintu rejeki Anda tidak disempitkan oleh Allah, maka jauhilah pekerjaan haram dan syubhat

6. Mengerjakan shalat Sunnah

 Untuk mendapatkan perhatian Allah, kita tidak hanya wajib menjalankan ibadah yang diwajibkan, tapi juga disunnahkan. Banyak ibadah sunnah yang mendatangkan rahmat dan kasih sayang Allah, diantaranya : shalat Dhuha, Tahajjud, dan lain sebagainya. Jika Allah sudah sayang kepada hambaNya, apa sich yang tidak bisa Allah berikan?
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga rejeki kita selalu lancar dan berkah. Amin YRA.