http://www.kumpulanmisteri.com

Malam Laitul Qadar adalah dimana terdapatnya satu malam yang sangat istimewa bagi umat muslim dan penuh kemuliaan yang kita kenal dengan Malam Lailatul Qadar. Barang siapa yang beribadah pada malam Laitul Qadar akan sama dengan beribadah selama seribu bulan. Dan Barang siapa yang mendapatkan kemuliaannya sungguh ia adalah manusia yang sangat beruntung dan dirahmati. Sebaliknya, siapa yang lupa dari kebaikan di dalamnya, sungguh ia termasuk manusia tidak beruntung dan merugi.

Keutamaaan Malam Lailatul Qadar yang sudah di jelaskan pada surah Al Qadr ayat 1-5 bahwa:
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadar: 1-5)
Beberapa Hal Rahasia dan Keutamaan Pada Malam Lailatul Qadar yaitu:
1. Lailatul Qadar yaitu waktu diturunkannya Al Qur’an, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas berbunyi,“Allah menurunkan Al Qur’an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al Qur’an kepada Rasulullah SAW tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14:403). Ini menunjukkan keistimewaan dari Lailatul Qadar.
2. Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan, Allah Ta’ala menjelaskan bahwa:
“Malam kemuliaan itu lebih baik dariseribu bulan. ” (QS. Al Qadar: 3). An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if Al Ma’arif, hal.341). Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada malam lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat di malam lailatul qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191). Ini sungguh keutamaan Lailatul Qadar yang luar biasa.
3. Malam Lailatul Qadar yaitu Satu Malam yang penuh keberkahan. Allah Ta’ala berfirman yang berbunyi:
 “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3). Malam penuh berkah ini adalah malam ‘lailatul qadar’ dan ini sudah menunjukkan keistimewaan malam tersebut, apalagi dirinci dengan point-point selanjutnya.
4. Turunya malaikat Jibril pada Malam Lailatul Qadar.
Lailatul Qadar ditandainya dengan turunnya malaikat. AllahTa’ala berfirman:
“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril ” (QS. Al Qadar: 4)
Lailatul Qadar merupakan Malam yang penuh barokah karena banyak malaikat yang turun pada malam itu. Turunnya malaikat ketika ada yang membacakan Al Qur’an, mereka akan mengitari orang-orang yang melakukan dzikir.
5. Lailatul Qadar sebuah malam pencatatan takdir tahunan. Allah Ta’ala berfirman bahwa :
“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah” (QS. Ad Dukhan: 4).
Ibnu Katsir dalam kitab tafsir 12 334-335 menjelaskan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai pencatatan takdir dalam setahun, Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun. Namun perlu dijelaskan lagi yaitu sebagaimana keterangan dari Imam Nawawi rahimahullah pada Syarh Muslim ( 8: 57) – bahwa catatan takdir tahunan tersebut tentu saja didahului oleh friman Allah.
7. Laitul Qadar Merupakan Penghapusan DOSA oleh Allah yang dijelaskan Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam , yang berbunyi:
“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901).
Jadi Barang siapa yang merindukan Lailatul Qadar Setidaknya ia bersungguh-sungguh pada bulan Ramadhan ini. Semoga satu malam Lailatul Qadar ini dapat kita raih bersama, sehingga mendapatkan pahala yang melebihi amalan 1000 bulan.Terimakasih