Bestprofit Futures Jakarta

Denpasar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, berencana menjadikan daerahnya sebagai pulau organik. Selain terkenal dengan destinasi wisata yang indah, Bali juga disiapkan sebagai sentra organik. Dengan begitu, wisatawan dalam dan luar negeri lebih tertarik berkunjung ke daerah ini.

“Pemikiran ini merupakan gagasan Gubernur Bali Made Mangku Pastika agar masyarakatnya sehat dan wisatawan atau orang yang datang ke Pulau Dewata makan sayur, buah maupun nasi yang sehat,” kata Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Provinsi Bali, Ketut Wija, di Denpasar, Kamis (2/6) siang.

Usai menghadiri acara Indonesia Marketeers Festival (IMF) 2016 itu, Ketut Wija, mengatakan, selain berkunjung ke Bali untuk melihat budaya dan atraksi budaya, wisatawan dapat menikmati udara segar tanpa adanya polusi sehingga terwujudnya masyarakat yang sehat.

Selain itu, Bali memiliki wacana akan mengalihkan kendaraan yang menimbulkan polusi menjadi kendaraan green energy, sehingga masyarakat di Pulau Dewata menjadi lebih sehat. “Kami mengharapkan Bali menjadi pusat green energy yang diwacanakan Kementerian ESDM,” ujarnya.

Dengan upaya ini, kata dia, Bali akan lebih diminati wisatawan untuk terus berkunjung. Hal tersebut, kata Ketut Wija, dikarenaka tren dunia maupun pariwisata yang berkembang ke depannya ingin alam yang sehat, lestari dan indah.

“Apabila makanan yang mengandung zat kimia ini kita ganti dengan makanan organik, maka masyarakatnya akan sehat,” ujarnya.

Ketut Wija mengakui, Bali sudah memiliki branding yang sudah dikenal ke mancanegara. Namun, kata dia, harus terus dipromosikan kembali destinasi yang baru, sehingga lebih dikenal ke seluruh Dunia. Bali sendiri, kata Ketut Wija, memiliki tiga kekuatan utama yakni sumber daya manusianya yang ramah dan menerima tamu dari berbagai daerah dan negara.

Kemudian, Bali memiliki budaya yang unik, adiluhung, hebat, berkembang dan dinamis yang tercetus dari sumber daya manusianya. Selanjutnya, alam Bali yang indah sehingga membuat wisatawan terkesima dengan Pulau Dewata.

“Dari tiga kekuatan Bali ini, merupakan spirit dari tercetusnya konsep Tri Hita Karana, yang akan terus diperkuat dengan Bali ingin menjadi pulau organik,” ujarnya.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)