Produksi industri A.S pada bulan September mengalami peningkatan yang solid untuk bulan kedua berturut-turut, namun ekonom kecewa dengan rincian laporan.

Produksi industri naik 0,6% pada bulan September, menurut laporan Federal Reserve. Ini merupakan kenaikan bulanan terbesar dalam tujuh bulan terakhir.

Saham A.S sedikit berubah setelah pembacaan produksi industri.

Kenaikan ini lebih besar dari perkiraan. Ekonom yang disurvei oleh MarketWatch memperkirakan pertumbuhan 0,4% pada bulan September. Produksi naik 0,4% pada bulan Agustus.

Secara keseluruhan produksi industri meningkat dengan laju pertumbuhan tahunan 2,3% pada kuartal ketiga. Meskipun tidak kuat, itu lebih baik daripada keuntungan 1,1% pada kuartal kedua.

‘Manufaktur telah berkembang dalam beberapa bulan terakhir tetapi tidak banyak,’ kata Jim O’Sullivan, kepala ekonom A.S di High Frequency Economics.

Tapi para ekonom mencatat bahwa penguatan keseluruhan dalam produksi industri pada bulan September dipimpin oleh keluaran utilitas, yang naik 4,4% setelah lima bulan menurun. Utilitas produksi sering merupakan fungsi dari pola cuaca. Tidak termasuk utilitas, produksi secara keseluruhan hanya naik tipis 0,1%.

Manufaktur naik 0,1% pada bulan September, jauh lebih lambat dari kenaikan 0,5% di bulan sebelumnya. Utilitas produksi naik 0,2%.

Utilisasi kapasitas naik menjadi 78,3% pada bulan September dari 77,9% sebelumnya. Ini merupakan tingkat tertinggi sejak Juli 2008.

Setelah kenaikan kuat 5,2% pada bulan Agustus, kendaraan bermotor dan bagian produksi naik 2,0% pada bulan September. Dibandingkan dengan bulan September 2012, produksi naik 11,3% dalam kategori ini, karena orang Amerika terus membeli mobil.

Tidak termasuk otomotif, manufaktur tidak berubah pada bulan September.

Data penjualan mobil A.S akan dirilis pada Jumat.

Sumber :

marketwatch.com