Pria Ini Jadi Bos Terbaik di Dunia

Liputan6.com, New York – Tahun ini, tim Harvard Business Review (HBR) kembali merilis jajaran atasan terbaik di dunia. CEO Amazon Jeff Bezos tercatat merajai daftar 100 atasan paling aktif dan efektif di dunia yang dirilis Harvard tersebut.

Menurut HBR, di tangah Bezos, perusahaan ritel online dunia itu dapat meningkatkan nilai perusahaan sebsear US$ 140 miliar. Dengan peningkatan itu, Amazon dapat memberikan kenaikan return hingga 15.189 persen pada para pemegang saham.

Bezos memang tercatat memiliki kemampuan berpikir jangka panjang dalam membangun kerajaan bisnisnya.

“Amazon sering melaporkan kerugian per kuartal bahkan saat penjualan terus meningkat. Tapi meskipun perusahaan merupakan subjeknya, Amazon dan Bezos memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam menambah nilai imbal hasil pada para pemegang saham,” terang editor HBR Adi Ignatius.

Dalam menyeleksi CEO terbaik di dunia, tim HBR meneliti 832 CEO dari S&P Global 1200. Lalu, return harian perusahaan dikalkulasikan untuk setiap CEO dari hari pertama dirinya bekerja di tempat tersebut.

Beberapa tren menarik muncul. 29 dari 100 CEO terbaik di dunia saat ini ternyata memiliki jenjang pendidikan tinggi. Meski begitu, hanya dua dari 100 bos terbaik adalah wanita.

Faktanya, Bezos dan para pria lain masih mendominasi jajaran bos terbaik dunia. Berikut 10 atasan terbaik di dunia seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (16/10/2014):

1. CEO Amazon Jeff Bezos
2. CEO Gilead Sciences John Martin
3. CEO Cisco Systems John Chambers
4. CEO Allergan David Pyott
5. CEO Simon Property Group David Simon
6. CEO Novo Nordisk Lars Rebien Sørensen
7. CEO Monsanto Hugh Grant
8. CEO Valeant Pharmaceuticals J. Michael Pearson
9. CEO Precision Castparts Mark Donegan
10. CEO PotashCorp William Doyle

(Sis/Ndw)