Bestprofit Futures Jakarta

Ajang pameran IFA 2016 yang tengah berlangsung di Jerman minggu ini turut dimanfaatkan Acer untuk memperkenalkan produk laptop barunya yang diberi nama Predator 21 X.Oleh Acer, Predator 21 X diklaim sebagai laptop gaming pertama di dunia yang memiliki desain layar cekung. Layar Predator 21 X memiliki ukuran 21 inci (2.560 x 1.080 piksel) yang kedua sisinya melengkung ke arah dalam, sehingga layarnya nampak cekung jika dilihat dari depan Bestprofit Futures Jakarta.

Layar melengkung berukuran lebar itu diklaim Acer bisa menghasilkan pengalalaman bermain game yang lebih “imersif” dibanding laptopgaming pada umumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Minggu (4/9/2016).

Ukuran bongsor Predator 21 X membuatnya mampu mengemas berbagai komponen hardware kelas atas di dalamnya.

Daftar jeroannya mencakup prosesor Core i generasi ke-7 yang juga baru diumumkan Intel, kapasitas memori RAM hingga 64 GB, penyimpanan SSD hingga 4 terabyte, sound system 4.2, dan dua kartu grafis GeForce GTX 1080. Bobot Predator 21 X sendiri mencapai 8 kilogram.

Kelengkapan lain termasuk lima kipas pendingin, Tobii eye trackinguntuk keperluan membidik dan navigasi dalam game, numeric padyang bisa dibalik menjadi touch pad, slot kartu memori SD, dan keyboard mekanik dengan deretan tombol Cherry MX.

Predator 21 X rencananya akan mulai dijual pada Januari 2017. Rentang harganya belum diumumkan Acer. Yang jelas, peminat harus lebih dulu memesan ke Acer untuk mendapatkan produk kelas atas ini.

Tak lama setelah diperkenalkan secara resmi di ajang Computex 2016 awal Juni lalu, seri prosesor APU terbaru AMD (Bristol Ridge) telah hadir di Indonesia lewat tiga varian laptop Acer E5-553G yang diluncurkan dalam sebuah acara Jakarta, Senin (20/6/2016).

APU atau Accelerated Processing Unit adalah istilah AMD untuk prosesor yang menggabungkan inti CPU dengan pengolah grafis (GPU) Radeon. “Bristol Ridge” merupakan kode nama APU terbaru yang dipasarkan dengan nama FX Series dan A-Series.

Dibanding produk generasi sebelumnya, Head of Consumer Product PT Acer Indonesia, Dianah, mengklaim APU AMD generasi ke-7 menawarkan kinerja hingga 30 persen lebih tinggi.

“Kami juga menanam memori jenis DDR4 dual channel dengan kapasitas besar sehingga mampu mengakomodir pengguna untuk memperoleh kecepatan dan kualitas tampilan grafis,” ujar Dianah, sambil menambahkan RAM DDR4 biasanya hanya ditemukan di laptop berharga belasan juta rupiah.

Adapun Acer E5-553G dibanderol dengan harga antara Rp 6,8 juta hingga Rp 9 juta. Laptop ini terdiri dari tiga varian. Kesemuanya memiliki kemasan fisik dan kelengkapan konektor yang sama, mencakup layar 15,6 inci (1.366 x 768), port USB 3.0 dan port USB type-C.

Perbedaan ketiga varian terletak pada konfigurasi prosesor, RAM, dan storage. Varian termurah yang dibanderol Rp 6,8 juta menggunakan APU AMD A10-9600P (quad core, GPU Radeon R8 M445 DX 2 GB VRAM), dual-channel DDR4 4 GB, dan harddisk 1 terabyte.

Varian kedua yang dihargai Rp 7,5 juta dibekali APU AMD A12 (quad core, GPU Radeon R8 M445 DX 2 GB VRAM), dual-channel DDR4 8 GB, dan harddisk 1 terabyte.

Terakhir, varian tertinggi yang dipatok Rp 9 juta memakai APU AMD FX 9800P (quad core, GPU Radeon R8 M445 DX 2 GB VRAM), dual-channel DDR4 8 GB, serta harddisk 1 terabyte ditambah SSD 128 GB.

Untuk gamer dan profesional

Product Manager Acer Indonesia Suryadi Hiumanbrata mengatakan ketiga varian laptop dengan bodi berbahan aluminium ini ideal untuk dipakai bermain game karena memiliki pengolah grafis yang bertenaga.

Namun, dia menambahkan bahwa Acer E5-553G juga bisa dipakai oleh kalangan lain seperti para profesional yang membutuhkan kecepatan komputasi tinggi dalam menjalankan software sehari-hari.

“Fokus APU memang untuk gamer. Tapi bukan cuma gamer saja yang bisa pakai, untuk desainer yang biasa memakai Photoshop pun cocok, misalnya,” kata Suryadi.

Marketing Manager AMD Indonesia Armawati Cen mengamini pernyataan Suryadi.

“Yang mau kami berikan dengan Bristol Ridge (APU AMD generasi ke-7) adalah pengalaman gaming yang lebih imersif. Selain itu kami juga menjawab kebutuhan produktivitas,” katanya.

Selain Acer, Armawati menuturkan pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan vendor lain, yakni HP, untuk memasarkan laptop dengan prosesor teranyar dari AMD itu. Produk HP berbasis APU generasi ke-7 rencananya akan memasuki pasaran Indonesia pada Juli mendatang.

“Setelah itu, pada kuartal ketiga tahun ini akan masuk dua brand lagi yang mengusung APU AMD generasi ke-7,” pungkasnya.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)