Pilihan Busana Dapat Jadi Kunci Sukses di Tempat Kerja

http://female.kompas.com

KOMPAS.com – Jaket semi formal, blazer, atau jenis luaran lain bisa jadi membuat tidak nyaman saat Anda mengenakan di tempat kerja terlalu lama. Namun pada kenyataanya, mungkin Anda harus berpikir ulang untuk mengenakan jenis busana ini saat bekerja. Karena dari hasil gabungan penelitian yang dilakukan oleh Columbia University dan California State University, mengungkapkan bahwa orang yang menggunakan busana kerja formal, cenderung dapat berpikir lebih abstrak, sehingga menjadikan mereka lebih dapat berkonsentrasi dengan pekerjaan mereka sehari-hari.

Dengan kata lain, busana formal dapat menjadi kunci kesuksesan Anda di tempat kerja. Penelitian ini melakukan survei dengan cara meminta para responden menilai seberapa formal busana mereka dan juga rekan kerjanya. Kemudian responden diminta untuk mengisi kuisioner dengan soal yang menguji intelektualitas. Hal ini dilakukan agar para peneliti dapat menilai bagaimana pola pikir atau proses dari ide mereka.

Penelitian ini kemudian dilakukan berulang, dimana pada penelitian keempat dilakukan hal yang sama dengan skala responden yang lebih besar. Kemudian pada studi kelima, peneliti mencoba mencari tahu apakah mengenakan busana formal dapat membuat seorang pekerja dijauhi oleh rekan kerjanya atau tidak.

Rekan peneliti, Michael Slepian memberitahu The Atlantic, bahwa kekuatan dari busana sungguh dapat mengubah cara berpikir seseorang dari sinyal perubahan lingkungan. Singkatnya, jika Anda berbusana pesta di tempat kerja, yang Anda rasakan adalah suasana pesta, bukan suasana bekerja.

Jadi, tak ada salahnya untuk lebih sering menggunakan busana formal atau yang sesuai untuk mendapat kinerja yang baik di tempat kerja.