Sebelum Pilih Kartu Kredit, Ini yang Harus Dipahami

Memiliki kartu kredit sudah menjadi sesuatu yang lazim bahkan telah menjadi kebutuhan di zaman modern ini. Berbagai benefit yang ditawarkan juga cukup menguntungkan, seperti semakin memudahkan transaksi dan memberi solusi atas berbagai kebutuhan terkait keuangan.

Tak heran bila kartu kredit menjadi sangat diminati banyak orang. Namun, sebelum memulai menggunakan ataupun beralih dengan kartu kredit, Anda tentunya harus memperhatikan beberapa hal agar dapat menggunakannya secara maksimal dan tidak merugikan Anda.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut tips jitu yang bisa Anda ikuti sebelum menjatuhkan pada sebuah kartu kredit untuk Anda miliki nantinya.

1. Pilih Jenis Kartu Kredit yang Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum memutuskan jenis kartu kredit yang akan digunakan, tentunya Anda wajib mengetahui apa yang menjadi kebutuhan Anda. Sesuaikan jenis kartu kredit dengan apa yang menjadi tujuan dan kebutuhan Anda nantinya.

Misalnya, Anda bisa memilih kartu kredit yang memiliki ikatan ataupun kerjasama dengan supermarket yang sering Anda kunjungi. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran lebih seperti diskon ataupun rewards yang biasanya ditawarkan jika berbelanja dengan kartu kredit yang bekerjasama dengan supermarket tersebut.

Anda juga bisa menyesuaikan pilihan Anda dengan tujuan dasar penggunaan Anda. Jika Anda menggunakan kartu kredit berfokus pada aktivitas travelling, pilihlah jenis kartu kredit yang memberikan manfaat maksimal pada aktivitas ini.

2. Pilih yang Memberikan Benefit Lebih Banyak

Berikutnya adalah membandingkan benefit-benefit yang ditawarkan oleh beberapa kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda tersebut. Pilih kartu kredit yang memang benar-benar memberikan benefit lebih banyak atau lebih besar ketimbang yang ditawarkan kartu kredit lainnya.

Untuk itu, telusuri terlebih dahulu sebelum memilih kartu kredit, apakah penawaran menarik, seperti reward dan potongan yang ditawarkan benar-benar maksimal, agar tidak menyesal kemudian. (Baca Juga: ‘Traveller’ Wajib Punya Kartu Kredit ini, Kenapa?)

3. Cermati Kredibilitas Bank

Memilih kartu kredit yang sesuai memang cukup membingungkan. Sebelum menjatuhkan pilihan jenis kartu kredit, Anda tentunya harus cermat memerhatikan seluk beluk dan latar belakang calon bank yang akan Anda pilih sebagai penyedia layanan kartu kredit. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk mencari tahu.

Anda bisa menelusuri latar belakang bank penyedia secara detail melalui profil, jejak rekam, ataupun informasi pada laporan keuangan calon bank dari tahun ke tahun.

Informasi yang tersedia tentunya akan mencerminkan kinerja bank, apakah baik atau sebaliknya. Pastikan Anda memilih bank yang memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan kinerjanya dapat dipercaya.

4. Limit Kartu Kredit yang Sesuai

Memilih kartu kredit yang limitnya sesuai dengan keuangan. Bila Anda baru pertama kali menggunakan kartu kredit, sebaiknya pilihlah kartu kredit yang limitnya kecil. Hal ini bertujuan agar memudahkan Anda dalam mengontrol kondisi keuangan dan tidak kebablasan saat menggunakannya.

Limit yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit biasanya berbeda-beda bagi setiap pemegang kartu. Berbagai pertimbangan seperti kondisi finansial menjadi acuan bank penerbit kartu kredit.

Untuk menghindari penggunaan melewati batas limit yang telah ditetapkan, lakukan pencatatan dan penyimpanan bukti transaksi.

Waspadai Penipuan Kartu Kredit

Mengikuti keempat tips di atas bisa meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan terjadi di masa mendatang. Anda harus bisa menggunakan kartu kredit secara bijak dan cerdas agar nantinya tidak merugikan Anda.

Dan yang tak kalah penting, jangan mudah tergoda dengan penawaran menarik di awal, namun telitilah dalam memilih bank penerbit kartu kredit beserta jenis kartu kredit yang akan Anda pilih.