Bestprofit Futures Jakarta

Bagi orang yang punya pengetahuan finansial, investasi tidak diragukan lagi merupakan prasyarat penting bila ingin mencapai kebebasan finansial. Namun, bagi sebagian besar anak muda, kerap masih bingung dengan pilihan investasi yang ada di pasar.

Padahal, jika salah memilih tempat untuk membiakkan uang, bisa-bisa masa pensiun akan dijalani dengan sengsara. Nah, buat kamu yang masih memilih jenis investasi, artikel berikut ini bisa sangat membantu.

Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek adalah aset yang punya jangka waktu imbal hasil satu hingga tiga tahun. Sejumlah keuntungan instrumen investasi jangka pendek adalah flesibilitas namun disertai dengan return atau imbal hasil yang sangat menarik.

Kelebihan inilah yang membuat investasi jangka pendek akan menguntungkan bagi anak muda. Jenis produk yang termasuk dalam investasi jangka pendek adalah deposito, reksa dana pasar uang atau obligasi.

Tabungan Pensiun

Semakin awal menabung pensiun, maka semakin baik dan terjamin pula masa tua kita. Para perencana keuangan menyarankan setiap orang agar memiliki tabungan pensiun di usia 20-an.

Ini karena pada saat masih muda, kebutuhan belum terlalu banyak sehingga alokasi untuk tabungan bisa maksimal. Tabungan pensiun jangan dianggap beban tapi wajib dimiliki.

Hampir semua bank punya program tabungan pensiun dengan iuran mulai dari setoran Rp50.000 per bulan. Oleh bank, nantinya uang tersebut tidak hanya disimpan sebagai tabungan tapi juga dialokasikan untuk investasi.

Sehingga saat masa pensiun tiba, Anda punya banyak dana  dan pastinya lebih menguntungkan daripada hanya menabung biasa.

Properti

Jika Anda mengontrak rumah selama bertahun-tahun padahal sudah punya uang cukup untuk membeli rumah, artinya Anda sedang membuang-buang uang. Bila Anda berniat tinggal di kota sekarang dalam jangka waktu lama, membeli rumah, meskipun terletak lebih jauh dari rumah kontrakan saat ini akan sangat menguntungkan.

Sebab, Anda akan untung dari perkembangan harga rumah yang meningkat dengan cepat. Jika nantinya Anda berencana pindah dalam 10 tahun atau 15 tahun ke depan, rumah tersebut bisa dijual dengan harga yang tinggi. Jadi berinvestasi properti sejak muda akan sangat menguntungkan.

Investasi Pendidikan

Pendidikan dapat meningkatkan kualitas hidup. Jika Anda menyia-nyiakan kesempatan untuk melanjutkan tingkat pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, artinya Anda melewatkan satu peluang untuk lepas dari kemiskinan.  Apalagi jika usia Anda saat ini masih tergolong muda. Salah satu contoh nyata yang dapat kita saksikan adalah riwayat hidup Iwan Setyawan yang sempat ditulis dan diangkat ke layar lebar. Iwan adalah anak sopir angkot dari kota Batu, malang yang sukses menjadi seorang profesional di New York karena pendidikan.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)