Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari antaranews.com

Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Barat meminta perusahaan yang mengadakan bursa kerja menyediakan banyak lowongan pekerjaan bagi lulusan SMK.

 

“Kami harap perusahaan yang menggelar bursa kerja menyediakan banyak lapangan kerja untuk lulusan SMK karena 50 persen pengangguran di Jakarta Barat ada di tingkat SMK,” kata Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Barat, Suhari, Selasa.

 

Suhari berpendapat lulusan SMK umumnya sudah siap bekerja namun banyak perusahaan yang tidak membuka lowongan secara terbuka di bursa kerja karena dianggap sepi peminat.

 

“Sekalipun untuk menjadi pengemudi atau kurir jika itu dibutuhkan ya disertakan di bursa kerja, jangan pekerjaan untuk lulusan kuliahan saja,” katanya.

 

Ia mengatakan saat ini Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Barat sedang merencanakan bursa kerja yang akan dilaksanakan akhir tahun ini untuk mempertemukan antara perusahaan dan pencari kerja terutama lulusan SMK.

 

Suhari mengatakan Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Barat akan memfasilitasi tempat, perizinan dan publikasi kepada para perusahaan yang ingin bekerjasama menggerlar bursa kerja.

 

Ia mengatakan pada bursa kerja bulan Juni 2014 terdapat 4.000 lowongan kerja untuk lulusan SMK dan sarjana dari 46 perusahaan di bidang perbankan, media, properti, medis, kuliner, dan jasa transportasi.

 

“Pada bursa kerja berikutnya kami berharap perusahaan membuka banyak lowongan untuk SMK,” katanya.

 

Untuk itu ia meminta calon pencari kerja mempersiapkan diri dengan cara menambah keahlian agar diterima perusahaan yang dikehendaki dan siap bersaing di pasar bebas ASEAN 2015.(fr)