Bestprofit Futures

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) akan membagikan dividen sebesar Rp 4,9 triliun, atau Rp 200 untuk setiap lembar saham yang dimiliki investor. Pembagian dividen tersebut diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Kamis, (6/4/2017) lalu di Hotel Kempinski, Jakarta. Bestprofit Futures

Jumlah dividen tersebut sudah termasuk dividen interim sebesar Rp 70 per saham yang telah dibayarkan Perseroan pada 22 Desember 2016. Dalam RUPST para pemegang saham juga telah memberikan persetujuan kepada direksi, dengan persetujuan dewan komisaris, untuk menetapkan dan memberikan dividen interim tahun buku 2017.

Pembagian dividen interim tahun buku 2017 akan dilakukan jika keadaan keuangan perseroan memungkinkan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, meski membagikan dividen dalam jumlah besar namun rasio kecukupan modal bank (CAR) perusahaan masih cukup sehat  yakni sebesar 21,9 persen. Jumlah tersebut sangat cukup untuk mendukung ekspansi BCA.

“Modal kami cukup untuk ekspansi, sekarang masih 21,9 persen, minimum untuk sistemik bank itu di 18 persen cukup lah,” ujar Jahja usai RUPST.

Selain itu, RUPST juga memberikan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab atau acquit et decharge kepada anggota direksi dan dewan komisaris atas tindakan pengurusan serta pengawasan yang dilaksanakan sepanjang tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2016.

Dewan Komisaris telah diberi kuasa dan wewenang oleh RUPST untuk menunjuk akuntan publik terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan yang akan memeriksa pembukuan keuangan perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017. Dalam prosesnya, dewan komisaris perlu memperhatikan rekomendasi komite audit dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

( mfs – Bestprofit Futures )