Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari detik.com

1dWakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi menyebutkan ada 4 faktor utama yang mendorong terkendalinya tingkat inflasi bulanan di Juli 2014. Yang menarik, keberadaan pasar swalayan ikut masuk dalam 4 faktor yang berimbas positif pada inflasi bulan Juli tersebut.

 

“Bahwa toko modern, atau yang disebut swalayan semakin besar peranannya dalam pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat termasuk produk segar. Saat ini kontribusinya 30-35% dari kebutuhan masyarakat. Padahal, 3-4 tahun lalu kontribusinya baru 15%.” kata Bayu dalam dalam paparannya di Kantor Kemetnerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (5/8/2014).

 

Besarnya kontribusi pasar swalayan terhadap pengendalian harga kebutuhan pokok disebabkan sistem distribusi yang lebih baik serta penetapan harga yang juga lebih stabil untuk produk-produk kebutuhan pokok yang dijual di pasar tradisional.

 

“Toko swalayan atau pusat belanja punya sisitem distribusi yang lebih mantap, terrmasuk kontrak harga. Sehingga harga tidak mudah berfluktuasi. Ini yang turut membantu terjadinya stabilitasi harga menjelang Idul Fitri,” kata Bayu.

 

Tingginya peran pasar swalayan ini juga turut dikontribusi oleh perubahan pola belanja masyarakat perkotaan. Mereka mulai beralih berbelanja kebutuhan pokok di pasar swalayan. Alasannya, selain menawarkan kepastian harga, Bayu menyebut pasar swalayan juga menawarkan berbagai kelebihan.

 

“Seperti tempatnya terang, bersih, timbangan yang pas, varian produk yang ragamnya cukup dan lain-lain,” sebut dia.

 

Namun demikian, dirinya menegaskan, bukan berarti pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan lantas meninggalkan pembinaan terhadap pasar tradisional atau pasar rakyat.

 

Kementerian Perdagangan, kata Bayu, terus berupaya mendorong pasar rakyat punya kualitas yang sama dengan pasar swalayan.

 

“Strategi Kementerian perdagangan, mendorong pasar rakyat ini di samping kita tingkatkan pengawasan dan perencanaan agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat, kita juga arahkan pengembangan pasar rakyat supaya punya kualitas yang sama. Misalnya kebersihannya, kenyamanannya, kepastian harganya dan seterusnya,” pungkas dia.

(zul/hds)