Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari viva.co.id

228169_tokyo-stock-exchange_663_382Saham-saham Asia menguat pada awal perdagangan Senin, 18 Agustus 2014. Pergerakan saham di sebagian besar pasar Asia mengabaikan estafet penutupan dari Wall Street AS pada akhir pekan lalu.

 

Seperti diberitakan CNBC, saham di bursa Wall Street berakhir beragam pekan lalu dalam volume perdagangan di bawah rata-rata, karena kekhawatiran investor meningkat setelah pemberitaan yang mengabarkan terjadi konflik baru di Eropa Timur.

 

Indeks Dow Jones kehilangan 0,3 persen dan S&P 500 memangkas kerugian dengan ditutup dengan sedikit perubahan. Adapun Nasdaq membalik penurunannya dengan mendapatkan kenaikan 0,3 persen pada Jumat lalu.

 

Di Ukraina, pejabat Kiev pada Minggu kemarin mengklaim bahwa tentaranya telah maju ke kota Lugansk, menandai sebuah terobosan dalam upayanya selama empat bulan melakukan perlawanan terhadap kelompok separatis yang didukung Rusia.

 

Pihak Gedung Putih mengatakan, AS telah resmi melakukan serangan udara di Irak untuk membantu merebut kembali kendali atas Dam Mosul. Presiden Barack Obama menyatakan serangan itu sejalan dengan tujuannya untuk melindungi warga AS di negara itu.

 

Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini cenderung mendatar. Indeks acuan pasar saham Jepang ini mengawali transaksi pekan ini dengan meraih sedikit keuntungan di level perdagangan 15.356,8.

 

Saham Nikon tergelincir 0,8 persen, sedangkan saham Rakuten kehilangan hampir 1 persen pada pembukaan bursa. Kerugian terbatas terjadi pada saham Nintendo mendekati 2 persen. Sementara itu, saham Japan Aviation Electronics membalas kerugian akhir pekan lalu dengan reli 2,3 persen pada pagi ini.

 

Indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney naik 0,1 persen. Indeks patokan pasar saham Australia ini memperpanjang kenaikannya pada pekan lalu dengan dibuka pada level perdagangan 5.574,70.

 

Saham National Australia Bank tergelincir 0,2 persen, meskipun bank terbesar keempat negara itu melaporkan kenaikan 7 persen laba tunai kuartal ketiga, yang ditopang oleh peningkatan pertumbuhan kredit dan penurunan biaya kredit macet.

 

Saham BHP Billiton naik 0,5 persen setelah perusahaan penambang itu mengatakan akan spin off aset yang tidak diinginkan menjadi perusahaan yang terpisah. Saham Fortescue Metals, yang akan merilis hasil pendapatan pada Rabu, juga naik 0,5 persen.

 

Adapun indeks Kospi di bursa Seoul naik 0,2 persen. Indeks utama pasar saham Korea Selatan ini diperdagangkan pada level 2.065,67.

 

Saham Posco dan SK Telecom langsung reli sejak pembukaan bursa, masing-masing naik hampir 1,5 persen.

 

Saham Hyundai Motor dibuka melemah 0,5 persen di tengah isu pemberitaan bahwa serikat buruh perusahaan otomotif itu mengancam akan melakukan aksi mogok pada 22 Agustus untuk memprotes gagalnya perundingan upah. (art)