PT Bestprofit Futures – Miliarder China Guo Wengui alias Miles Kwok yang terkenal vokal mengkritik pejabat Tiongkok korupsi kini tengah mencari suaka politik ke Amerika Serikat. Guo, yang tinggal di New York, percaya bahwa dia dianggap sebagai lawan politik rezim China. bpf jakarta

Keinginan Guo untuk mencari suaka politik diungkapkan oleh pengacaranya, Thomas Ragland seperti dikutip dari BBC pada Jumat (8/9/2017). bestprofit jakarta

Guo meninggalkan China pada 2014. Ia tinggal di Eropa dan Amerika Serikat. Selama pengasingan, taipan properti itu merilis sejumlah twit dan video di situ berbagi tentang tudingan korupsi di antara petinggi Partai Komunis, termasuk tokoh anti-korupsi, Wang Qishan.

Beijing sejauh ini meminta penangkapan Guo, namun tak pernah jelas apa tuduhannya.

Media-media pemerintah China menuduh taipan berusia 50 tahun itu menyuap seorang wakil menteri. Tudingan itu ditolak mentah-mentah oleh Guo.

Guo juga telah merilis apa yang dia duga adalah rahasia negara resmi menjelang kongres Partai Komunis, yang diadakan setiap lima tahun dan dijadwalkan dimulai pada 18 Oktober.

“Dia khawatir rezim China akan mencari pembalasan atas hal-hal yang dia katakan dan paparan yang pernah ia kemukakan,” kata pengacara Guo, Thomas Ragland pada hari Kamis.

Meskipun Guo belum memberikan bukti substansial atas klaimnya, kritikan Guo telah memicu kemarahan Beijing.

Pemerintah China pada bulan April mengeluarkan “red notice” melalui agen kerjasama polisi global Interpol untuk penangkapan Guo.

Pihak berwenang China dilaporkan telah menyelidiki Guo setidaknya untuk 19 kejahatan termasuk penculikan, penipuan dan pencucian uang, menurut kantor berita AP.

Bahkan, pada bulan lalu, polisi China membuka investigasi atas tuduhan baru berupa pemerkosaan yang dilakukan Guo.

Pada bulan April, media China mengatakan Guo telah menyuap mantan wakil menteri pertahanan, Ma Jian, sebesar 60 juta yuan atau sekitar US8,7 juta. Semenjak saat itu Ma ditahan dan tengah diadili oleh korupsi.

Guo menolak tuduhan itu semua dan balik menuding surat penangkapannya bermotif politik.

Sebagai pencari suaka politik, Guo, yang visa turisnya berakhir pada tahun lalu, berhak tinggal di AS hingga keputusan administrasi final tercapai. pt best profit

Secara nasional, rata-rata proses aplikasi suaka di AS menghabiskan waktu dua hingga tiga tahun.

Selain berkonfrontasi dengan Beijing, Guo juga menghadapi serangkaian tuntutan hukum AS oleh beberapa individu dan perusahaan China. best profit

Guo mengatakan bahwa dia bukan lagi warga negara China.

( mfs – Bestprofit Futures )