Melatih Anak Rajin Menabung Tidaklah Sulit dengan Cara Ini

PT Bestprofit Futures – Mengajarkan sesuatu ke buah hati menjadi salah satu kewajiban bagi para orang tua. Pastinya banyak orang tua yang ingin anaknya menjadi seorang yang mandiri. Cara orang tua mendidik anak pun beraneka macam. Termasuk dalam hal mengajarkan masalah keuangan dan menabung.

Melatih anak menabung sejak dini memang memerlukan kreativitas tersendiri bagi orang tua karena tentu lebih mudah mengajari anak melalui contoh secara langsung.  pt bestprofit

Lalu bagaimana cara mudah mendidik anak agar suka menabung? Berikut beberapa yang bisa dilakukan seperti dilansir dari situs Khaleej Times, seperti ditulis Kamis 8/2/2018):

1. Gaya menyimpan uang

Orang dewasa biasanya mempunyai gaya berbeda dalam hal menyimpan uang, seperti menyimpan uang di amplop untuk kebutuhan yang berbeda. Anda bisa mencontohkan cara ini kepada anak-anak.

Misalnya dengan memberikan beberapa amplop berwarna atau wadah yang berbeda kepada anak, kemudian beritahu mereka kegunaan dari wadah-wadah yang digunakan tersebut.

Seperti keperluan membeli mainan baru bisa menggunakan amplop berwarna merah untuk menyimpan uang. Sedangkan untuk keperluan yang lebih penting seperti ingin membeli komputer, anak bisa menyimpannya di amplop berwarna biru. best profit

Cara ini akan membantu mereka memahami tentang pentingnya menghemat dan menyimpan uang untuk keperluan yang tepat.

2. Konsep penganggaran

Selanjutnya, perkenalkan anak-anak dengan konsep penganggaran. Misalnya memberi mereka sejumlah uang sebelum melakukan perjalanan atau liburan dan mintalah mereka membagi uang itu untuk kebutuhan berbeda yang akan digunakan selama perjalanan. Mereka dapat menabung sebagian uangnya untuk membeli souvenir, beberapa untuk membeli makanan dan minuman, serta untuk mengunjungi tempat-tempat pilihan mereka.

3. Buka rekening bank

Buatkan rekening bank atas nama anak Anda. Hal ini akan mengajarkan mereka lebih bertanggungjawab tentang keuangan. Untuk anak yang remaja dan beranjak dewasa sudah dapat diajarkan untuk menulis cek, menggunakan kartu ATM dan membuat deposito ke rekening bank.

Memang cara ini membutuhkan perhatian yang lebih ekstra, tapi dengan membuatkannya rekening bank akan mengajarkan anak tentang pentingnya menabung di awal kehidupan. bestprofit jakarta

 4. Imbalan untuk menabung

Tidak ada salahnya memberikan hadiah kepada anak-anak saat mereka berhasil menghemat uang. Contohnya ketika uang tabungannya telah mencapai target yang diinginkan, Anda bisa memberi imbalan dengan menambah jumlah uangnya.

Setidaknya ini akan mendorong mereka untuk menghemat lebih banyak. Atau jika anak Anda sudah beranjak remaja, Anda bisa memberikan mereka uang bulanan yang bisa digunakan untuk keperluannya sehari-hari, tak lupa beritahu anak agar menyisakan uang bulanannya untuk ditabung.

Dengan latihan ini mereka akan belajar bagaimana menghargai uang yang dimiliki dan membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat secara finansial. bpf jakarta

5. Beri contoh

Seperti disebutkan di atas, anak-anak biasanya mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Jadi, sebagai orang tuanya, berikan contoh dan tunjukkan kepada mereka bagaimana Anda bisa menghemat uang di setiap keadaan.

Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu. Ini akan membantu mereka memahami betapa berharganya uang dan mengapa mereka harus menabung sebanyak mungkin.

( mfs – Bestprofit Futures )