Bestprofit Futures Jakarta

Menghafal sangat penting di berbagai bidang kehidupan. Tak hanya di sekolah, di kehidupan sehari-hari pun menghafal sangat diperlukan.
Orang yang jago menghafal dan memiliki ingatan yang kuat identik dengan orang pintar. Tapi kemampuan menghafal tidak datang dengan sendirinya. Diperlukan latihan rutin dan terus-menerus agar dapat menghafal dengan cepat.
Inilah langkah agar kamu dapat menghafal dengan cepat :

 

1.Persiapan

 

Lakukan persiapan dengan memilih tempat untuk kamu menghafal. Untuk kamu yang cara menghafalnya hanya bisa di tempat yang sunyi, carilah tempat yang sunyi dan begitu juga sebaliknya. Sambil menghafal seduh pula teh atau teh hijau karena teh hijau dapat membantu membuat ingatan lebih baik.

2. Rekam

Merekam suara / ilovefreesoftware.com

Rekamlah suaramu ketika menghafal. Ini sangat memudahkan bagi mereka yang mudah menghafal secara audio. Kamu dapat memutar berulang-ulang hingga kamu hafal.

 

3. Tuliskan

Menulis sambil menikmati rekaman / cmuse.org

Tulis berulang-ulang bahan yang anda hafal, hal ini akan membuat anda semakin familiar dengan apa yang anda hafal. Baik juga jika kamu menulis sambil mendengarkan rekamanmu. Hal ini mudah membuatmu hafal, terutama bagi kamu yang lebih mudah menghafal melalui suara.

 

4. Buat Bagian Pada Catatan

Buat catatan semenarik mungkin / commons.wikimedia.org

Setelah kamu selesai mencatat, berilah warna-warna yang menarik atau bentuk yang lainnya semenarik mungkin. Buat kamu yang menghafal dengan baik melalui visual akan lebih mudah masuk ke dalam otakmu.

 

5. Lakukan Pengulangan

Lakukan pengulangan

Hafalkan satu per satu kalimat, ketika sudah hafal cobalah untuk tidak melihat catatan. Ketika sudah sangat hafal, tambahkan kalimat berikutnya dengan tetap menghafal kalimat sebelumnya.

 

6. Tulis kembali apa yang sudah Kamu Hafal

Tulis kembali apa yang sudah dihafal / topyaps.com

Ketika sudah hafal, tulis kembali apa yang ada di fikiranmu, bukan apa yang ada pada catatan.

 

7. Ajarkan apa yang Kamu Hafal

Ajarkan apa yang sudah kamu hafal / blogs.mtu.edu

Kamu bisa mengajarkan atau setidaknya meminta orang lain mendengarkan apa yang baru saja kamu hafal. Jika tidak, kamu bisa mengajarkannya pada dirimu sendiri melalui cermin. Dengan begitu kamu bisa lebih hafal dan hafal lagi.

 

8. Dengarkan hasil Rekamanmu

Mendengarkan rekaman sambil beraktivitas / theguardian.com

Cobalah dengarkan ulang rekamanmu ketika kamu sedang santai, misalnya sedang memasak, olahraga, atau sedang berjalan-jalan.

 

9. Jeda Istirahat

Berikan istirahat pada otak / wellplayedmusic.wordpress.com

Memang menghafal perlu dilakukan terus menerus, tapi jangan lupa untuk memberikan istirahat pada otak. Dengan begitu, otak dapat kembali fresh dan mudah mengingat lagi.

Itulah kiat-kiat menghafal agar kamu cepat hafal. Tapi kembali lagi pada dirimu sendiri, bisa saja kamu memiliki cara sendiri agar kamu bisa menghafal.
(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)