Bestprofit Futures Jakarta

Salah satu kendala utama yang sering dihadapi oleh calon pebisnis adalah modal. Apalagi jika modal di tabungan terbatas dan tak mencukupi untuk membuka usaha yang diinginkan. Namun, jangan cepat menyerah. Ada beberapa bisnis yang bisa Anda jalankan meskipun bermodalkan uang yang pas-pasan. Dan Anda bisa mengoptimalkan modal lainnya yakni keahlian.

Berikut adalah lima ide bisnis yang bisa Anda jalankan dengan modal pas-pasan:

  1.  Konsultan

Seandainya Anda memiliki bakat dalam bidang tertentu terutama dalam hal teori, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa konsultasi. Anda bisa memasarkan jasa Anda ini kepada orang yang sedang mencari layanan konsultasi atau melalui media sosial.

Anda bisa memelihara bisnis sebagai konsultan ini lewat blog atau website yang Anda kelola dengan bahasan dan materi yang menarik. Penggunaan media sosial ini juga memudahkan calon klien untuk menemukan Anda. Desain juga blog Anda sesuai dengan bidang yang hendak Ana tawarkan.

Misalnya, Anda sangat ahli dalam bidang fashion. Maka, dalam blog tampilkan kemampuan Anda untuk memilih pakaian, mix and match pakaian hingga memilih pakaian untuk kerja atau ke pesta dan lainnya. Kemampuan Anda tersebutjika diperlihatkan secara terus-menerus mumpuni menarik minat calon klien untuk bekerja sama.

  1. Blogger

Anda punya kemampuan untuk menulis? Manfaatkanlah untuk menorehkan setiap catatan Anda ke dalam blog. Untuk menentukan jenis tulisan yang akan dibahas, sebaiknya pilih yang senada. Misalnya, hanya membahas soal travel atau kuliner atau tips-tips finansial.

Sebagai seorang blogger, Anda cukup bermodal komputer atau laptop, koneksi internet yang stabil, dan kemampuan mengungkapkan pikiran secara jelas lewat tulisan. Hal yang perlu Anda ingat saat menjalankan bisnis ini adalah harus tekun dan sabar karena pendapatan Anda tergantung jumlah orang yang mengunjungi blog Anda. Pun, jika tulisan Anda diminati, maka akan banyak donatur yang mau menjadi sponsor atau produknya ditulis dalam blog Anda.

  1. Bimbingan Belajar

Punya kemampuan untuk mengajar dan menguasai berbagai bidang pelajaran? Mengapa tidak mengaplikasikannya dengan menjadi guru bimbingan belajar. Usaha ini akan sangat menguntungkan apabila Anda bisa memanfaatkan dan mempromosikannya secara tepat. Tawarkan jasa bimbingan belajar kepada anak-anak. Promosi awal untuk bisnis bimbingan belajar (bimbel), bisa Anda lakukan dengan menyebar selebaran di lingkungan setempat atau kepada teman-teman Anda.

  1. Hasil karya

Berbagai pekerjaan tangan rupanya bisa menghasilkan. Apalagi jika bentuknya adalah hasil karya. Apabila Anda termasuk orang yang kreatif dan gemar membuat sesuatu dari tangan Anda maka bisa memulai bisnis dari hasil tersebut. Bisnis itu bisa berupa menjual lukisan, rajutan, hingga ukiran.

  1. Kuliner

Berbisnis kuliner sejatinya tak akan pernah usang. Asalkan, makanan yang Anda tawarkan memiliki cita rasa lezat dan tampilan menarik. Nah, bagi Anda yang punya hobi memasak bisa memanfaatkannya untuk berjualan kuliner. Mulailah dengan berbisnis kuliner secara sederhana. Baik itu masakan rumahan hingga camilan.

Bila Anda memiliki salah satu kemampuan seperti yang telah disebutkan di atas, maka tak ada salahnya untuk mulai menjalankannya. Sebab, peluang tersebut tak akan datang dua kali.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)