http://life.viva.co.id

Buah kaya lemak, baik bagi tubuh.

VIVA.co.id – Menjelang usia yang kian matang, kualitas organ dalam tubuh manusia, sedikit demi sedikit mengalami penurunan kualitas. Kemudian menjadi tugas kita, untuk menerapkan pola hidup sehat yang bisa mencegah datangnya penyakit, yang bisa datang dari mana saja.

Salah satu indikator yang bisa memicu banyaknya penyakit datang, ialah kolesterol. Ketika kadar kolestrol meninggi, maka risiko terkena penyakit seperti jantung, stroke, dan hipertensi, juga naik. Untuk itu dibutuhkan senjata ampuh yang bisa mengendalikan kadar kolesterol.

Berbicara tentang senjata ampuh pengendali kolesterol, alpukat adalah salah satunya. Meski kandungan lemak dalam buah ini agak tinggi, namun lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yang tidak mengancam kesehatan, terutama jantung. Lalu, apa kaitannya dengan kolesterol?

Dilansir dari Everyday Health, kandungan yang terdapat dalam alpukat, yakni potasium, mampu bekerja secara aktif dalam menurunkan tekanan darah, yang nantinya akan berbanding lurus dengan penurunan jumlah kolesterol berlebih dalam tubuh.

Selain itu, alpukat juga mengandung serat yang mampu menyerap semua jenis minyak dan lemak dalam tubuh, yang bisa menyelamatkan kita dari risiko melonjaknya tingkat kolesterol dalam tubuh.

Selain berbicara tentang kolesterol, kebaikan yang dimiliki alpukat juga banyak memberi manfaat bagi organ tubuh lain, seperti mata, yang diperbaiki kandungan Lutein, serta kandungan multivitamin seperti vitamin B kompleks, K, C, D, dan E, yang baik untuk kulit dan mencegah peradangan dalam tubuh.

Mengonsumsi alpukat, tidak bisa sembarangan, karena kandungan lemaknya bisa meningkatkan bobot tubuh. Porsi per sajian yang disarankan, separuh buah atau setengah potong setiap hari.

Kreasikan dengan jenis buah lain atau jadikan salad bernuansa latin, yang semakin menggugah selera. Jadi, jangan hanya lidah yang dimanjakan, namun kesehatan juga perlu dipertimbangkan.