Bestprofit Futures Jakarta

Android menjadi salah satu sistem operasi dengan pengguna terbanyak. Hal itu bukannya tanpa alasan sebab sistem operasi besutanGoogle itu terbilang memiliki beragam fitur menarik dan dukungan aplikasi Bestprofit Futures Jakarta.

Namun ternyata tak semua pengguna ponsel robot hijau itu mengetahui beragam hal menarik yang bisa dilakukan dengan perangkatnya. Bahkan, hal menarik ini tak membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk bisa digunakan.

Berikut ini 5 (lima) hal keren yang dapat digunakan langsung dari sistem operasi Android. Penasaran?

1. Hemat kuota data

Kehadiran beragam konten internet saat ini membuat konsumsi data dipastikan kian membesar. Karenanya, tak jarang pengguna Android enggan mengakses banyak informasi dari browser Chrome.

Namun tahukah kamu, sebenarnya Chrome memiliki fitur hemat data yang mampu mengurangi konsumsi data internet.

Untuk mengaktifkannya, buka peramban Chrome, pilih Settings lalu Data Saver, dan aktifkan fitur tersebut dengan menggeser ikon ke tanda ‘On’.

2. Optimalkan penggunaan baterai

Daya tahan baterai kerap menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung performa sebuah ponsel Android. Hanya terkadang tak seluruh smartphone dibekali dengan baterai berkapasitas besar.

Untuk itu, pemanfaatan fitur Battery Saver setidaknya dapat membantu pengguna Android yang kerap kehabisan daya.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan membuka Settings, lalu pilih Battery Saver dan aktifkan fitur tersebut. Namun perlu diingat pengaturan di masing-masing ponsel dapat berbeda satu sama lain.

3. Manfaatkan Google Now

Google Now didesain sebagai asisten virtual untuk pengguna Android, sehingga memudahkan informasi diterima secara lebih cepat dan mudah.

Namun perlu diingat, aplikasi ini dapat berinteraksi dengan seluruh aplikasi yang ada dismartphone, seperti untuk mengatur alarm atau membuat catatan.

Asyiknya lagi, fitur ini tak perlu dibuka terlebih dulu untuk bisa aktif, cukup menyerukan ‘Ok Google’, fitur ini akan segera aktif dalam segala situasi.

Untuk memulainya, buka Google Settings, pilih Search & Now. Lalu pilih Voice dan bukaOk Google Detection, selanjutnya aktifkan opsi ‘From any screen’.

4. Manfaatkan Android Device Manager

Android Device Manager memang bukan aplikasi bawaan di Google, tapi fitur yang ada di dalamnya sangat berguna untuk pengguna.

Lewat aplikasi ini, pengguna dapat melacak posisi ponsel, menghapus seluruh data di ponsel dari jarak jauh, termasuk menampilkan pesan khusus ketika ponsel hilang.

Pun demikian, Google sudah membenamkan pengaturan untuk mengaktifkan fitur keamanan ini di Google Settings.

Agar seluruh kemampuan aplikasi ini dapat digunakan, pengguna bisa membuka Google Settings lalu pilih Security. Selanjutnya, aktifkan opsi ‘Remotely locate this device’ dan‘Allow remote lock and erase’.

Namun sebelumnya, pastikan juga ponsel dapat memberi akses pada fitur Android Device Manager. Buka Setting lalu pilih Security, dan centang opsi ‘Android Device Manager’.

Batasi Akses

5. Atur izin untuk masing-masing aplikasiFitur ini memang baru tersedia untuk Android Marshmallow. Untuk itu, pastikan pakai sistem operasi paling anyar itu untuk menggunakan fitur ini.

Lewat fitur ini, pengguna dapat membatasi akses dari masing-masing aplikasi yang terpasang di ponsel.

Meski terkadang mematikan beberapa izin akses membuat aplikasi tak berjalan maksimal, setidaknya pengguna bisa mengatur akses untuk masing-masing aplikasi.

Pengguna bisa membuka Setting, lalu pilih Apps untuk memilih aplikasi yang ingin diatur aksesnya. Setelah itu, buka Permissions dan tentukan sendiri izin untuk aplikasi itu.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)