Bestprofit Futures Jakarta

Sony memenuhi janjinya untuk merilis game PlayStation 3 (PS3) ke layar komputer pribadi (PC) melalui aplikasi streaming berlangganan bernama PlayStation Now. Lewat layanan ini penikmat game dapat memainkan ratusan game legendaris PlayStation 3 di segala sistem operasi Windows.

Untuk mengakses layanan ini, penikmat game perlu mengunduh lebih dulu aplikasi PlayStation Now dan membayar biaya berlangganan sekitar 20 dolar AS sebulan atau 100 dolar AS (setara Rp 1,3 juta) untuk satu tahun.

Biaya tersebut merupakan harga promosi berjangka waktu yang ditawarkan Sony untuk merayakan peluncuran layanan ini. Usai promosi, harga normal dari layanan ini akan mencapai dua kali lipatnya.

Dengan biaya sebesar itu, pelanggan akan mendapat akses ke koleksi lebih dari 50 permainan ‘Greatest Hits’ milik PlayStation seperti Mafia II, Tomb Raider: GOTY edition, Borderlands, God of War, Uncharted, dan Heavy Rain. Perusahaan game asal Jepang ini juga mengeluarkan 100 game konsol eksklusif bagi pengguna PC untuk pertama kalinya berikut koleksi 400 game.

Secara tampilan, PlayStation Now menyerupai Netflix. Aplikasi ini juga punya fitur ‘list’ yang berfungsi menampilkan daftar game yang ingin dimainkan selanjutnya.

Pengalaman pengguna PC makin lengkap lantaran Sony juga akan meluncurkan adapter DualShock 4 USB untuk menghubungkan game controller ke komputer. Adapter ini dihargai sekitar 25 dolar AS atau Rp 331.500.

Tak hanya kompatibel dengan PlayStation Now, adapter ini akan turut memeriahkan hari-hari pemilik PS4, PS4 Remote Play, serta penikmat game PlayStation lewat layar Mac dan PC. Sampai sekarang, pemain harus menggunakan kabel USB untuk menghubungkan controller PS4 dan Remote Play di kedua platform tadi.

PlayStation Now muncul pertama kali pada Juni tahun lalu di PS4. Dengan streaming, pemain tak perlu memasang suatu judul game dan dapat menyimpan kemajuan permainannya kapan pun dan di mana pun.

Bagi pecandu game yang tak ingin menghabiskan ruang di kamarnya dengan mesin konsol, PlayStation Now bisa jadi pilihan terbaik. Terlebih koleksi game yang dapat diakses oleh pengguna cukup menggiurkan. Meski demikian layanan ini baru bisa diakses di Inggris Raya dan Amerika Serikat. Sedangkan untuk wilayah Asia, Sony belum menyebut tanggal rilis resminya.

Berikut ini spesifikasi minimal PC Windows yang diperlukan untuk layanan PlayStation Now:
– Sistem operasi Windows 7 (SP1), 8.1 atau 10
– Prosesor 3.5 GHz Intel Core i3 atau 3.8 GHz AMD A10 ke atas
– Ruang kosong memori internal 300 MB ke atas, dan RAM 2 GB ke atas
– Sound card dan port USB

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)