Hai salam PT Bestprofit Futures, ini artikel dari studentpreneur.co

Siang ini, KPU akan mengumumkan siapa yang akan memimpin Indonesia untuk tahun 2014-2019. Praktis, banyak isu spekulatif bahwa pihak yang kalah akan meminta pemilu ulang. Selain menyusahkan rakyat Indonesia yang harus mencoblos ulang, ternyata, menyelenggarakan pemilu bukanlah hal yang murah. Menurut sumber dari kompas, tahun ini KPU (komisi pemilihan umum) mendapatkan dana kurang lebih 16 Trilliun Rupiah dari pemerintah untuk penyelenggaraan pemilu. Untuk mendapatkan gambaran seberapa besar angka 16 Trilliun Rupiah ini, tim redaksi Studentpreneur telah menyusun beberapa perbandingan yang akan membuat Anda terkejut!

best profit 173Anda Bisa Menyekolahkan Anak SD dan SMP Seluruh Indonesia Selama 1 Tahun

 

Negara yang besar adalah Negara yang rakyatnya mendapatkan pendidikan yang layak. Dana anggaran yang disediakan untuk bantuan pendidikan anak SD dan SMP seluruh Indonesia adalah 11,3 Trilliun Rupiah. Apabila dana untuk pemilu ulang dialokasikan untuk pendidikan, setidaknya anak-anak Indonesia akan mendapatkan pendidikan 9 tahun, dari SD-SMP.

 

 

Mendanai Dana Berobat Selama 1 Tahun

 

Berdasarkan data dari kantor berita Antara, pemerintah menganggarkan 19,9 Trilliun bagi premi jaminan kesehatan nasional. Fakta tambahan, dengan uang sebesar 15,3 trilliun, Anda sudah bisa membeli semua aset PT ASKES dan PT Jamsostek, dua perusahaan ujung tombak pemerintah di bidang kesehatan.

 

 

Negara Bisa Mendanai Bisnis Rakyat Kecil

 

Menurut data dari Kementrian Koperasi dan UKM, Negara kita menganggarkan dana sebesar 20 Trilliun Rupiah untuk KUR (kredit usaha rakyat) per tahunnya. Anggap saja dana tambahan 16 Trilliun dari pemilu ulang bisa dialihkan ke KUR, dan asumsi tiap bisnis mikro meminjam 10 juta rupiah, dan 1 bisnis mikro mempekerjakan 2 orang, maka dana ini bisa menciptakan 1,6 juta bisnis mikro baru, membuka 3,2 juta lapangan kerja baru.

 

 

Hampir Bisa Menggratiskan Belanja di Alfamart

 

Setelah mempelajari laporan keuangan Alfamart, ternyata salah satu grup retail terbesar di Indonesia tersebut mencatatkan penjualan kurang lebih 18 Trilliun Rupiah pada tahun 2011. Artinya, apabila pemerintah mau menambahkan 2 Trilliun saja, maka siapapun yang berbelanja di Alfamart pada tahun 2011 bisa mendapatkan belanja secara gratis.

 

 

Baju Lebaran Baru Untuk Seluruh Rakyat Indonesia

 

Ya, ini perbandingan paling bodoh. Namun apabila dibagikan ke 200 juta rakyat Indonesia, masing-masing akan mendapatkan 80 ribu rupiah. Angka tersebut sudah cukup untuk membeli sebuah baju baru untuk menyambut lebaran. Menyenangkan rakyat dengan 1 baju lebaran tiap orang tentu bukan sebuah ide buruk (yeah, tapi itu ide gila anyway).

 

 

Masih banyak lagi perbandingan yang akan mengejutkan Anda, dan seberapa banyak yang bisa kita ubah dengan uang 16 Trilliun Rupiah. Bagaimana menurut pendapat Anda Sobat Studentpreneur? Anda punya ide gila untuk memperbaiki Indonesia dengan 16 Trilliun Rupiah? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.