http://www.tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merilis daftar lima maskapai penerbangan yang paling sering mendapat keluhan dari konsumen. “Lion Air yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat,” kata Ketua Harian YLKI Sudaryatmo, Ahad, 25 Januari 2015.

Menurut Sudaryatmo, YLKI menerima 24 keluhan terkait dengan pelayanan Lion Air sepanjang 2014. Untuk mengatasi keluhan ini, kata dia, dibutuhkan perubahan dan kekuatan regulator. (Baca juga: Anulir Sanksi Maskapai, Menteri Jonan ‘Dikerjai’? )

Maskapai yang berada di posisi kedua dan ketiga dalam peringkat ini adalah Mandala Air dan Indonesia AirAsia. Sudaryatmo mengatakan dua maskapai tersebut masing-masing mendapat enam aduan dari masyarakat. Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air berada di posisi keempat dan kelima, dengan lima aduan.

Sepanjang 2014, YLKI menerima 1.192 aduan. Sebanyak 84 aduan adalah keluhan terhadap transportasi. Dari seluruh moda transportasi di Indonesia, maskapai penerbangan menuai 61 aduan. (Baca juga: Menteri Jonan Anulir Sanksi Maskapai Penerbangan)

Menurut Sudaryatmo, keluhan masyarakat terhadap layanan penerbangan semakin bertambah karena sanksi pemerintah terlalu ringan. Dia membandingkan sikap pemerintah dengan sikap negara lain, seperti Amerika Serikat, yang tidak segan-segan memberikan sanksi berat bagi maskapai yang tidak memberikan pelayanan yang baik. (Baca juga: Air Koryo Maskapai Penerbangan Terbaik Korut)

Berikut ini daftar maskapai penerbangan yang mendapat keluhan terbanyak sepanjang 2014.
– Lion Air: 24 keluhan
– Mandala Air: 6 keluhan
– Indonesia AirAsia: 6 keluhan
– Garuda Indonesia: 5 keluhan
– Sriwijaya Air: 5 keluhan