http://economy.okezone.com

NEW YORK – Jika Anda pernah melihat acara The Apprentice, Anda pasti sudah tidak asing dengan pengusaha super kaya asal Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Bisnis Trump Organization yang menggurita mulai dari perumahan mewah, resor, club, hingga lapangan golf di sejumlah negara.

Melansir dari Business Insider, Minggu (19/4/2015), keluarga Donald Trump berbagi tips suksesnya menjadi salah satu pengusaha terkaya di Negeri Paman Sam. Dirinya menyebut, salah satu kunci suksesnya adalah mengajak anaknya masuk dalam timnya.

Menurutnya, itu merupakan sesuatu yang menarik karena bisa mendengar perspektif anaknya sendiri dalam berbisnis. Berikut lima kunci suksesnya :

Pertama, pikirkan tentang kemenangan. Banyak pemimpin yang mencoba menutup-nutupi kondisi perusahaan yang mereka pimpin agar semua terlihat baik-baik saja. Ketika ditanya bagian mana yang paling memuaskan selama dia bekerja di serial televisi Celebrity Apprentice Trump menjawab akhir musim semi ini, karena rating-nya yang baik.

“Kami sudah di tahun yang ke-10 season 14. Kami pernah gagal dan kami terus berusaha. Itu adalah hal yang luar biasa,” kata Trump.

Kedua, lakukan segala sesuatu dengan cara Anda sendiri. Seringkali setiap ingin melakukan sesuatu, banyak orang yang mendoktrin Anda untuk mengerjakan sesuai cara mereka. ”

Ketiga, cari keunggulan tersembunyi Anda. Alasan The Trump Organization bisa melejit begitu cepat adalah karena itu merupakan bisnis keluarga. Dia menunjuk langsung anaknya, Donald Trump Jr sebagai wakil presiden eksekutif di Trump Organization.

Keempat, mudah beradaptasi terhadap perubahan. Teknologi selalu berubah dengan cepat. Dengan memanfaatkan teknologi, pekerjaan akan menjadi lebih fleksibel. Kemajuan teknologi memungkinkan kita hidup tanpa terkotak-kotak.

“Dulu ibu saya bekerja, dia di rumah mengurus rumah tapi tetap bekerja. Sambil bermain dengan saya dia masih sempat menerima telepon pukul 20.00 malam,” kata anak Donald Trump, Ivanka Trump.

Terakhir, adalah hiduplah dengan seimbang meskipun Anda sibuk. The Trump Organization mungkin adalah perusahaan yang ambisius. Tapi Trump menyarankan pada anak-anaknya untuk memprioritaskan kehidupan di luar pekerjaan juga.