http://economy.okezone.com

JAKARTA – Pernahkah Anda merasa gaji yang diterima hanya numpang lewat, begitu terima maka cepat sekali habis? Jika iya, Anda perlu melakukan langkah mudah mengendalikan keuangan bulanan.Membuat anggaran bulanan adalah salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kontrol pendapatan. Sayangnya banyak orang yang kerap kebobolan dan mengeluh bahwa anggaran tidak berfungsi.

Padahal dengan Anda patuh terhadap anggaran yang sudah disusun maka akan meminimalisir risiko keuangan. Nah, untuk mengatasi cepatnya penyerapan anggaran, Anda dapat menggunakan ide-ide menarik di bawah ini agar keuangan tetap aman hingga akhir bulan.

Berikut ini rinciannya, seperti dilansir dalam artikel berjudul 5 Budget Hacks to Make Life Easier oleh Pakar Keuangan Miriam Caldwell, seperti dikutip Minggu (24/5/2015).

1. Gunakan uang tunai

Jika Anda kesulitan melacak pengeluaran, maka uang tunai dapat menjadi solusinya untuk beberapa pengeluaran umum, seperti bahan makanan, biaya hiburan dan pakaian. Ambillah uang dari rekening tabungan Anda dan masukkan ke dalam beberapa amplop sesuai kategori pengeluaran. Anda akan mengetahui ke mana arah pengeluaran terbesar Anda dengan melihat amplop mana yang lebih dulu kosong.

2. Buat anggaran melalui aplikasi smartphone

Membuat anggaran bulanan dengan menggunakan software jauh lebih mudah untuk dilakukan. Yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan besaran anggaran pada setiap pos-pos pengeluaran. Hal ini dapat menghindari Anda dari membuat kesalahan penghitungan. Sebab, dalam aplikasi software biasanya sudah dihitung secara otomatis. Dengan bantuan aplikasi software maka menyusun anggaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

3. Cek Anggaran

Jika sudah menikah, maka Anda harus melakukan cek anggaran. Hidup berumah tangga banyak sekali pengeluaran yang tidak terduga. Situasi inilah yang perlu diperhatikan dan lihatlah realisasi anggaran secara teratur. Jika ada kebutuhan mendesak, lakukanlah penyesuaian anggaran pada pos yang bisa diutak-atik seperti kebutuhan hiburan.

Perhatikanlah anggaran setiap hari, kemudian Anda dapat melakukannya secara mingguan. Beberapa bulan pertama, Anda mungkin merasa seperti lebih banyak pekerjaan. Namun, ketika Anda mampu membuat anggaran yang lebih baik, maka hal tersebut tidak akan terasa seberat itu.

Jika Anda masih lajang, Anda dapat melakukan evaluasi keuangan lebih mudah. Karena kebutuhannya relatif lebih terkendali. Ceklah secara rutin setiap hari. Aktifitas ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

4. Pangkas tagihan yang kurang penting

Jika Anda sedang memiliki kebutuhan keuangan dalam jumlah besar, penting untuk melakukan penghematan. Maka carilah pos keuangan yang bisa dihemat. Dengan menemukan ruang penghematan maka Anda memiliki ruang gerak yang mampu membuat perbedaan besar. Anda dapat memotong tagihan bulanan seperti pulsa atau internet, atau mengurangi hangout bersama teman.

5. Kurangi makanan cepat saji

Membeli makanan cepat saji adalah kenyamanan yang juga menjadi pisau bagi anggaran Anda. Karena harga makanan cepat saji biasanya kurang ramah pada kantong. Anda dapat mencoba untuk memasak makanan sendiri dan membeli bahan-bahan makanan yang sesuai. Jika makanan tersebut berlebih, maka jangan pernah berpikir untuk membuangnya. Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas untuk jenis makanan yang cukup bertahan lama. (mrt)