http://ekbis.sindonews.com

INI mungkin dianggap remeh. Tapi, pengusaha adalah orang-orang sibuk di sekitar lingkungannya. Hari-hari di kehidupan mereka penuh sesak dengan keputusan bisnis, penelitian dan jaringan.

Ada begitu banyak yang harus dilakukan dan sedikit waktu untuk melakukannya. Anda akan melihat mereka memiliki beberapa rutinitas sehari-hari atau kebiasaan yang telah mengarahkannya pada kesuksesan.

Dilansir dari situs Entrepreneur, berikut lima hal produktif yang dilakukan pengusaha setiap hari:

1. Menetapkan rutinitas

Jika seorang pengusaha tidak diatur dan berpegang pada jadwal harian, bagaimana dia bisa mencapai sesuatu? Ini adalah tantangan bagi kebanyakan orang untuk menyulap kehidupan pribadi dan profesional. Tanpa rutinitas, seorang pengusaha tidak akan dapat menyelesaikan pekerjaan.

Membentuk rutinitas dapat membantu Anda memprioritaskan tugas-tugas. Inilah yang dilakukan Jack Dorsey, pendiri Twitter dan Square, selama berbulan-bulan dalam membangun kedua perusahaan. Dia benar-benar bekerja 8 jam sehari di masing-masing perusahaan. Berarti dia memasukkan 16 jam hari kerja. Bagaimana dia menjalankan rutinitas sehari-hari seperti itu?

Senin – Mengelola dan menjalankan perusahaan
Selasa – Produk
Rabu – Pertumbuhan pemasaran dan komunikasi
Kamis – Pengembangan dan kemitraan
Jumat – Budaya perusahaan dan rekrutmen

2. Berolaharaga atau bermeditasi

Latihan olahraga dan meditasi tidak akan membuat Anda bosan dengan rincian angka. Beberapa orang yang benar-benar sukses menjadikan olahraga sebagai hal utama.

Menurut Business Insider, CEO Apple, Xerox , Pepsi, Christies dan Starwood Hotels, semua memulai hari-hari dengan memompa semangat. Tapi, bagaimana jika Anda bukan tipe orang yang suka bangun pagi atau memiliki waktu kerja di luar pagi? Jika Anda tidak mengangkat beban di rumah, kantor atau pergi untuk lari pagi, setidaknya yang dapat Anda lakukan yoga atau meditasi.

Apapun kegiatan untuk menghilangkan stres dan membersihkan pikiran Anda akan memberikan hal yang sangat dibutuhkan. Itu cara bagus untuk memberikan waktu bagi Anda dan membantu mempersiapkan diri menangani proyek berikutnya .

3. Memeriksa kemajuan

Sebagai pengusaha, Anda akan sangat sibuk. Bahkan, Anda mungkin terlalu fokus pada tugas di tangan, yang mungkin telah mengabaikan beberapa hal penting. Itulah mengapa di beberapa titik Anda harus memeriksa jangkauan tugas.

Luangkan waktu beberapa menit untuk memeriksa seberapa jauh Anda menuju arah tujuan yang ditetapkan sendiri dan perusahaan. Mengambil waktu untuk mengevaluasi kemajuan akan membantu Anda memutuskan bagaimana lebih memprioritaskan rencana bisnis Anda.

Tidak ada salahnya juga mengetahui arus kas Anda. Untuk melakukan ini secara efektif, jalankan bisnis Anda menggunakan proyeksi arus kas selama 30 hari. Ini akan membantu mengidentifikasi apakah uang akan datang dan apa yang Anda habiskan setiap hari. Selanjutnya, melacak faktur untuk klien dan memulai proses penagihan jika perlu.

4. Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga

Orang-orang sukses mencoba mengelola waktu dengan prioritas utama menghabiskan bersama keluarga atau orang terdekat. Ketika Anda menghabiskan waktu bersama orang-orang penting dalam kehidupan, akan membersihkan kepala Anda. Hal ini juga membantu Anda mengingat apa sebenarnya yang diperjuangkan.

Bagaimana jika Anda lajang dan tidak memiliki anak? Itu bukan alasan untuk melewatkan hidup Anda. Semua orang butuh waktu untuk mengisi ulang baterai mereka. Nikmati apapun yang Anda gemari. Apakah Anda menikmati dengan pergi ke bioskop, minum-minum dengan teman atau pergi bersepeda, luangkan waktu untuk mencium bau mawar. Siapa tahu mungkin Anda akan mendapatkan inspirasi sepanjang jalan.

5. Merencanakan aktivitas besok malam ini

Apakah Anda tumbuh dengan orang tua yang memastikan anak-anaknya sudah siap bersekolah pada malam sebelumnya? Rutinitas ini turut membentuk Anda. Jadi, siapkan hari berikutnya sebelum memukul jerami.

Trik ini seperti dilakukan Scott Stouffer, pendiri Engine SEO. Dia bersikeras untuk menjaga jadwal setiap hari. Malam sebelum pertemuan besar, dia mengirimkan sebuah email yang memberitahukan semua orang apa yang dibutuhkan.

Ketika Anda mengatur pekerjaan sebelum tidur, setidaknya beberapa tugas atau tujuan untuk hari besok akan lebih mudah. Hal ini juga dapat membantu Anda membuat prioritas dalam jadwal untuk hari berikutnya daripada membiarkan pikiran yang belum selesai menumpuk pekerjaan.

Hampir semua pengusaha sukses pergi ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap malam. Pastikan bahwa Anda tidak mendapatkan gangguan saat beristirahat. Tinggalkan ponsel atau komputer di ruangan lain setelah merencanakan pekerjaan. Anda akan senang keesokan harinya bangun lebih segar dan siap menghadapi dunia.