12PTBestprofit Futures

Sebuah ledakan pabrik kembang api kembali terjadi di Meksiko. Ini adalah insiden kedua yang merenggut nyawa manua PTBestprofit Futures

Peristiwa terbaru menewaskan setidaknya 14 orang, 11 diantaranya anak-anak. Insiden terjadi kawasan miskin desa di Meksiko kala warga tengah mempersiapkan festival keagamaan.

Ledakan terjadi pada Senin 5 Mei 2017 malam di pedalaman Negara Bagian Puebla. Hal itu diungkapkan pejabat lokal Diodoro Carrasco.

Insiden itu terjadi di desa San Isidro, 270 km timur Mexico City. Saat itu warga desa tengah mempersiapkan festival keagamaan yang akan diadakan pada 15 Mei mendatang.

Pemerintah lokal mengatakan kembanga api disimpan di sebuah rumah di belakang gereja yang akan jadi lokasi penyelenggaraan festival. Ledakan terjadi saat seseorang yang menyalakan salah satu sumbu. Rumah tersebut pun lalu hancur.

Sebelas dari 14 yang tewas adalah anak-anak berusia empat hingga 15 tahun. Demikian seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (11/5/2017)

Sembilan di antaranya tewas di tempat dan lima di rumah sakit. Ledakan kembang api itu membuat 22 orang terluka, termasuk tiga anak-anak yang mengalami luka serius.

“Ini adalah tragedi. Mereka tewas karena tertimbun rumah,” kata pejabat negara bagian Javier Lozano.

Untuk mengevakuasi korban, tentara dikerahkan. Sementara itu, gubernur negara bagian, Antonio Gali Fayad, berencana mengunjungi lokasi kecelakaan. Ia secara pribadi mengucapkan belasungkawa.

Kecelakaan ledakan kembang api lazim terjadi di Meksiko.

Pada Desember tahun lalu 42 orang dan 70 terluka dalam ledakan pasar kembang api San Pablito di kota Tultepec. Ledakannya menjadi pemandangan spektakuler.

Saat itu, pasar tengah ramai dengan orang yang tengah belanja persiapan Natal dan tahun baru.

Mereka yang selamat mendeskripsikan ledakan bak neraka.

Kota Tultepec terkenal dengan pabrik pembuatan kembang api semenjak Abad ke-19.

Pasar San Pablito sendiri pernah mengalami insiden serupa di masa lalu. Pada tahun 2005 dan 2006. Saat itu tak ada korban jiwa.

Industri kembang api telah membawa keuntungan sendiri bagi Meksiko, tiap bulannya negara itu meraup untung hingga US$10 juta.

( mfs – PTBestprofit Futures )