http://tekno.liputan6.com/

Liputan6.com, Jakarta – Menjadi sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini disadari oleh dua sosok penting di industri startup Tanah Air, OLX (sebelumnya TokoBagus) dan Kaskus Network (Kaskus).

Salah satu pendiri OLX, Remco Lupker, dan Chairman Kaskus Network, Ken Dean Lawadinata, berbagi sejumlah kunci sukses dalam membangun startup atau perusahaan rintisan. Keduanya adalah pembicara dalam Startup Asia Jakarta 2014 yang digelar di Plaza Bapindo, Jakarta, selama 26-27 November 2014.

Mereka sepakat bahwa pengguna adalah elemen penting dalam sebuah bisnis. Elemen lainnya adalah konten yang relevan dengan kebutuhan para pengguna.

“Kami adalah forum, penyedia berita, sekaligus e-commerce. Tapi dari semuanya, kami memberikan apa yang diinginkan oleh para pengguna,” ungkap Ken di Startup Asia Jakarta 2014, Plaza Bapindo, Jakarta (26/11/2014).

Ken mengatakan bahwa membangun startup bukan hanya soal peluang pasar. Tapi harus bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh pengguna. Terbukti, katanya, Kaskus yang diluncurkan 15 tahun silam masih terus berjaya sampai saat ini.

Bahkan, Ken mengaku Kaskus tidak menyiapkan dana khusus untuk kegiatan pemasaran. Popularitas kaskus tak lepas dari peranan para Kaskuser (sebutan untuk pengguna Kaskus).

“Kami tumbuh secara organik dan tidak menggunakan biaya untuk marketing, tapi kami tetap selalu memastikan memberikan layanan yang terbaik. Kita juga selalu memperhatikan pengguna, karena memiliki bisnis model sebesar apa pun, tapi tidak ada pengguna, maka tidak ada artinya,” tutur Ken.

Ditambahkan Remco, para startup jangan pernah hanya memikirkan soal keuntungan dalam menjalankan bisnis. Tapi sebelumnya harus terlebih dahulu memastikan kualitas produk mereka.

“Jangan langsung memikirkan keuntungan yang bisa didapatkan. Ketika Anda yakin dengan apa yang dibuat, maka itu akan berbuah manis karena kita tidak bisa menghasilkan keuntungan begitu saja,” ungkapnya.

Remco mengaku bahwa OLX sangat fokus dengan apa yang mereka tawarkan. Terbukti, hasil manis pun berhasil didapatkan.

“Kami fokus dan optimis dengan apa yang kami tawarkan, ini bisa menjadi kunci mendapatkan investasi. Karena itu, kami selalu berusaha memberikan platform yang baik, mengontrol kualitas, dan melakukan banyak hal lain,” pungkas Remco. (din/dew)