Bestprofit Futures Jakarta

PT.Bestprofit-Futures – Konsep Piala Dunia bakal diadopsi oleh PT Gelora Trisula Semesta (GTS) saat memutar kompetisi Liga Nusantara 2016 nanti. Ya, berbeda dengan musim sebelumnya, kali ini, setiap Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI hanya bisa mewakilkan maksimal satu tim mereka untuk diadu dengan tim lain di putaran nasional yang mulai digelar pada pertengahan Juli sampai Desember itu.

Itu pun, dari total 34 Asprov PSSI, oleh operator, hanya 32 klub yang bisa mendapatkan tiket untuk berlaga di putaran nasional nanti. “Jadi, Liga Nusantara nanti sudah benar-benar seperti Piala Dunia. Dan, kami optimistis, kompetisi kali ini akan lebih menarik dibandingkan yang lainnya,” kata Direktur Utama PT GTS Joko Driyono, hari ini (30/5).

Joko menjelaskan, dari setiap wakil yang diloloskan oleh setiap Asprov tersebut, kemudian akan dimasukan dalam ranking nasional. Nah, empat tim yang berada di peringkat paling bawah harus mengikuti babak playoff untuk memperebutkan dua tiket tersisah. Dari 32 tim tersebut kemudian dibagi ke dalam delapan grup dengan konsep home turnamen.

Setelah dari 32 besar, tim-tim kemudian dikerucutkan ke babak 16 besar, delapan besar kemudian semifinal dan final. Dengan begitu, Asprov yang memiliki klub Liga Nusantara terbanyak seperti Jawa Barat dan Jawa Timur, masing-masing harus bersaing ketat untuk memperebutkan satu tiket putaran nasional. Musim lalu, dua provinsi besar seperti itu masing-masing meloloskan tiga wakil mereka.

Dalam kompetisi kasta ketiga tanah air tersebut, Joko menambahkan mereka tidak akan membatasi batas usia pemain.” Semua klub bebas memainkan pemain mana saja yang mereka mau. Tapi, yang tidak boleh adalah, pemain yang saat ini sudah terdaftar di bermain di kompetisi kasta tertinggi lantas turun bermain di Liga Nusantara,” tegasnya.

Sekretaris Asosiasi Provinsi PSSI Maluku Sofyan Lestaluhu mengapresiasi konsep yang disung oleh PT GTS tersebut. “Karena formatnya sangat efisien dan ideal,” kata Sofyan. “Kami dari Maluku juga akan segera menyiapkan tim tim untuk mengikuti babak regional Liga Nusantara dalam waktu dekat nanti,” lanjut Sofyan.

(mfs – Bestprofit Futures Jakarta)