Ayam broiler harganya lebih murah daripada ayam kampung, sehingga banyak orang yang memilih mengonsumsinya. Saat membeli perhatikan beberapa hal penting. Saat berbelanja daging ayam di swalayan ataupun pasar tradisional, Anda bisa cek dulu kesegarannya. Cukup melihat beberapa bagian daging dengan beberapa cara ini versi Bestprofit Futures.

1. Aroma
Daging ayam yang tidak segar akan menghasilkan bau yang anyir agak busuk. Sedangkan ayam segar memiliki aroma khas daging ayam yang tidak anyir, amis ataupun tidak bau bangkai. Beberapa pedagang nakal juga bisa saja mencampurkan daging ayam dengan zat kimia berbahaya misalnya formalin. Daging ayam dengan formalin tidak memiliki bau khas daging ayam dan tidak dihinggapi dengan lalat.

2. Penampakkan fisik
Ayam yang tidak segar memiliki kulit dengan bercak-bercak merah yang lama-lama akan berubah menjadi warna kebiruan. Sedangkan daging ayam negeri yang segar memiliki penampilan warna kulit yang putih tanpa adanya memar berlebih dan bersih dari bulu jarum serta bulu halus pada bagian kulitnya. Kulit ayamnya bersih, tidak berair.

3. Cek bagian kepala dan leher ayam
Selain bisa terlihat dari penampakan kulit, Anda juga dapat mengecek apakah pada bagian kepala dan leher masih terdapat sisa-sisa darah. Ayam yang segar tentu tidak memiliki bekas darah saat dijual di pasar ataupun swalayan.

4. Tampilan daging
Ayam yang tidak segar dapat kita lihat serabut otot yang kemerah-merahan, biru atau hitam. Selain itu warna bagian dalam karkas atau daging ayam juga berwarna merah serta otot pada dada dan paha ayam terasa lembek jika ditekan dengan jari. Pilihlah daging yang bersih dan jika ditekan teksturnya lebih kenyal, atau akan balik ke bentuk semula setelah ditekan dengan jari. Agar lebih aman, Anda bisa memilih ayam hidup kemudian dipotong langsung. Dengan cara ini ayam yang Anda beli sudah terjamin kesegarannya.

5. Berat ayam
Pilihalah ayam negeri berukuran sedang (900 gram -1.2 kg). Jika terlalu besar selain lemaknya lebih banyak juga perlu waktu lama untuk memasaknya. Sebaliknya, jika akan dibuat kaldu, belilah ayam negeri berukuran besar (1.5 kg lebih). Karena kaldu akan lebih gurih dan pekat.

Itulah Tips-tips cara memilih Ayam Broiler yang Segar versi Bestprofit Futures Jakarta.