TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Platform properti global, www.lamudi.com menyebutkan sejumlah kota menjadi investor properti di pasar terkini. Sebagai website yang beroperasi di 22 negara, Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah telah memilih beberapa kawasan dengan melihat peluang investasi berdasarkan tren pasar enam bulan terakhir.

Kota-kota di Asia tampil memimpin, namun tidak menutup kemungkinan hadirnya kawasan baru yang memiliki potensi investasi.

Saat ini Jakarta menempati posisi teratas untuk kawasan yang paling diincar investor untuk berinvestasi, dikarenakan oleh tingkat pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh pesat.

Kemudian ditambah menjamurnya proyek real estate mewah di wilayah ini. Harga properti terus melambung, bahkan mencapai kisaran 30 hingga 40 persen per tahun. Disusul Manila, Meksiko, Maroko, dan Dhaka menempati urutan selanjutnya dalam lima besar daftar kota tersebut.

Kian Moini, Global Co-Founder Lamudi mengatakan, investor yang mencari peluang-peluang baru di pasar terkini seharusnya bisa mengincar salah satu kota dari deretan kota tersebut.

Negara-negara yang menjadi lokasi tempat Lamudi beroperasi sedang mengalami ledakan pasar real estaste, yang dipicu dengan pertumbuhan kelas menengah dan juga kekuatan perekonomian di negara tersebut.

“Kota-kota di Filipina dan Indonesia merupakan kawasan yang memiliki prospek kuat, yang membuktikan bahwa kawasan Asia adalah salah satu hotspot pasar terkini dunia,” kata Kian, Selasa (29/4/2014).

Kawasan tersebut akan lebih menarik minat pasar ketika negara tersebut mampu mengatasi berbagai isu seperti transparansi dan pemerintahan, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung investasi. (eko sutriyanto)